Pahit manis kost

Setelah penantian panjang akhirnya terwujud sudah dan melegakan hati *baper*. Aku resmi jadi anak kost di kota pelajar, ngapain disini? Ya ngejar mimpi *eaa* Aku sekarang lagi ngambil kelas Akselerasi 7 bulan bahasa perancis di  IFI (Institut Francais d’indonesia ), seminimal-minimalnya aku bakal stay disini 8 bulan tapi gak tau deh ini aja dah betahan banget disini hahaha.

Hari ini adalah hari ke-12 aku nge kost, belom tepat dua minggu sih, tapi manis pahitnya udah kerasa. Oke sesi perkenalan dulu nih, ini kost aku.  

nah wc nya dibelakang itu tuh, dindingnya gak nyampe atas jadi satu lampu bisa nerangin wc juga. good idea banget deh 



Waktu masih di Banjarmasin milih jogja karna katanya disini murah, makan 500 ribu perbulan ada udah sejahtera banget, pas nyampe sini? Wkwkwk jauuhhhhh…dulu aku bilang ke orang tua kost 300 ribu aja, nyampe sini ketemu kost harganya 760 ribu. Rada dongkol sih karna jauh dari ekspetasi, dan 760 itu kosongan jadi gak ada isi apa apa. Ya okelah ada bak mandi *itupun kecil* dari plastic dan 1 buah gayung.  Jadi aku mesti beli kasur, bantal, guling, lemari dll. Ventilasinya Cuma di satu titik dan lumayan kecil jadi kalo gak buka jendela udara bakal kebekep dalam kamar kan gak lucu kalo badan bau nasi goring atau nasi pecel.  * oke jadi pesan moralnya adalah jangan berekspetasi terlalu tinggi nanti kecewa* yang enaknya adalah harga itu dah termasuk internet sepuasnya dan kost aku ini deket IFI, Cuma keluar gang dah nampak IFI, jalan dikit kedepan sekitar 10 menit dah lampu merah, belok kiri ada mall seberangnya rumah sakit, jalan lurusssss ngelewatin mall gak lama nyampe gramedia, jalan dikit lagi nyampe KFC dan Pizza hut, jalan luruss dikit lagi nyampe MC Donald. Pokoknya stategis banget deh dan sialnya lagi adalah aku baru tau kost aku ini ada di daerah “mahal” setelah seminggu ngo-kost, eh pantes kemana mana enak dan pantes mahal :'(.


Oke ini sudah melenceng terlalu jauh dan sangat jauh. Lalu apa pahit manisnya nge-kost?

Manisnya adalah...

- Kalo lagi belanjan keperluan (apalgi di awal bulan) bebas mau beli apa aja. Dulu aku tuh pengen banget makan makanan yang dimasak pake minyak zaitun tapi orang rumah gak ada satuoun yagn minat beli karna ya hargannya mahal, pas udah ngekost aku bisa dengan gampang banget beli minyak zaitun, atapun keprluan keperluan lain yang dulu sebelum ngo kost berasa "susah" dibeli. by the way point ini berlaku di bulan muda, ketika pergi ke swalayan bawaannya pengen beli barang- barang ini itu. karna duit pegangan masih full, kerasanya nanti pas akhir bulan *sadLOL

- Kalo di Banjarmasin fashion store dengan interior wah dan dengan model baju yang keren biasanya harga bajunya juga mahal-mahal, nah beda kalo disini. Disini banyak fashion store yang dengan model baju up to date dan dengan interior toko yang wah tapi pas diliat label harganya murah-murah dan lagi- lagi kalo tanggal muda atau duit lagi full susaaahhh banget nahan duit di dompet dan yang kena batunya pasti nanti tanggal tua, tapi ya ga papa lah. Toh keluar uang tapi ada "barang" gak cuma sekedar habis gak ada hasil.

- Gak ada yang bawelin lagi. Ya gak munafik sih tapi asik juga gak ada yang bawelin lagi, gak ada yang bawelin kalo piring belum dicuci, gelas deket kasur dll.

Pahitnya adalah...

- kalau dulu pas bangun tidur makanan dah siap tinggal lahap doang, atau kalaupun gak ada bisa masak nugget dll, sekarang, kalo bangun pagi dan mau makan mesti masak dulu, waktu untuk memasak sudah sangat cukup untuk bikin perut aku bunyi-bunyi seakan akan ngomong "woii cepetan nasi masakkk "

- karna di kost aku cuma boleh alat listrik doang, gak boleh bawa kompor kesini alhasil karna untuk berhemat dan pengen nabung buat backpackeran jadi aku ngakalin dengan bikin masakan di rice cooker. Dadar telor, masak nasi goreng, masak mie, nge rebus air, bikin roti bakar dll semuanya dilakuin di rice cooker. Ngakal bangeeettt,  jadi kalo mau makan ya masak nasi dulu (pas pagi) lalu pas nasinya udah mateng tu nasi dikeluarin ditaroh dipiring dan baru masak lauk, ribeet sih tapi asik juga.

bermodal sedikit minyak dan bumbu nasi goreng, akhirnya jadilah nasi goreng

- ketika tanggal tua dan duit dah sangat menipis drastis karna waktu uang masih full, seketika itu juga jadi mabok belanja. Pernah waktu itu aku lagi kemabokan belanja, akhirnya ngitung-ngitung banyak banget duit keluar dan milih pulang ke kost jalan kaki ditambah Hp lowbat gak bisa buka google map, akhirnya kesasar ditempat antah- berantah dan endingnya memutuskan buat naik trans Jogja, ya walaupun naik trans Jogja cuma 3.600 tapi entah kenapa setelah kejadian "mabok belanja" kok rasanya sayaaanggg banget sama duit 3000 perak haha

- akibat teralu mabok belanja, di tanggal tua pun aku super berhemat se hemat-hematnya, bayangin deh. Masak mie sebungkus dikasih 2 butir telor buat dibikin Pizza mie dan itu buat makan 4 kali, jadi bikinnya malem, disisain separo buat besok, besoknya pizza mie yang separo itu di bagi 3 buat makan sehari full . Mabok mie deeeehhhh :X

ini nih penampakannya, gede sih, , tapi di bagi 4 *sadLOL

- Kelas aku di IFI itu dari jam 9 sampe jam 4, dan jam makan siang termasuk didalamnya. Masalahnya adalah makan di Cafe IFI itu mahaaalll. Aku pernah beli costini sama lemon tea totalnya 38 rebu. Yang gak tau costini, costini itu roti yang di oven dan ada toping kaya toping pizza di atasnya, untung aja Costini nya super duper enak coba kalo gak enak bisa nangis darah deeehh *oke skip ga akan segitunya* padahal dengan uang segitu bisa makan nasi pecel dengan kenyang di warung Bu Anis. tau kan warung Bu Anis? itu loh yang disamping tulip di jalan kayu tangi. Cuma 18 rebu dah super duper kenyang, enak pula. Alhasil karna makan di cafe nya mahal dan gak memungkinkan buat aku bawa bekal jadi aku harus nahan laper sampe kelas selesai dan makan dirumah.

Pastinya masih ada pahit manis lain yang mungkin sekarang belum kerasa (bearti nanti bakal ada part 2 nya ahaha) tapi sejauh ini aku gak nyesel tinggal disini, ngerasain pahit manis yang asik. Toh gak asik juga kan kalo hidup cuma manis mulu. Diabetes ntar baru tau rasa. Overal aku masih tetep enjoy dan bahagia sama semuanya baik itu pahit atapun manis *eaaa*

You May Also Like

3 komentar

  1. kasiiiian bener nasibnya hahahaha
    aduuuh ngiri bangt deh kostnya deket mc donald

    BalasHapus
  2. Uuhhh cooming soon aku fotoin burger mc donaldd hihi

    BalasHapus
  3. Kosmu bagus itu mbak, kamar mandi dalem pula. Apa karena dekat kampus UKDW (klo membaca deskripsimu) jadinya mahal. Klo di sekitar UGM gitu bisa dapet kamar mandi dalam 450rb (harga tahun 2014, bukan promosi :p). BTW, kost 300rb kayaknya udah nggak ada lagi deh. Eh, mungkin ada, tapi ukuran dan bentuk kamarnya mengenaskan...

    BalasHapus