Bad Habit.


Postingan ini terinpirasi dari ingatan tentang beberapa orang dari teman dan anggota keluarga aku yang pernah bilang dengan entengnya "mimpi kamu ketingggian, ga akan bisa." dan juga terinspirasi dari gambar di atas ini, buku yang barusan aku baca. Enggak tau kenapa tiba-tiba pas lagi di perpus tangan jadi menuju ke buku ini.  Bayangkan betapa dongkolnya seorang ibu yang sudah kerja seharian hanya untuk mendengarkan suaminya ngomong " Umi ga akan bisa ngebayangin puasa sambil bekerja seharian".

-

"When you judge another, you do not define them, you define yourself." -Wayne Dyer

Pada dasarnya, sejak dulu aku sudah mulai membiasakan diri untuk menerima kritikan dari orang-orang tapi sampai sekarang ketika ada seorang yang nge-judge, aku cenderung masih ngerasa rada "sakit" *cie sakit lebay amat*. 
Sadar ataupun enggak, disekitar kita banyak sekali orang-orang yang punya "Habbit judging" yang doyannya ngomong seenak udel tentang hidup kita padahal mereka ga tau apa aja yang udah kita lalukan, apa aja yang udah kita perjuangkan dan apa aja yang udah kita korbankan untuk berada di posisi itu. 

Menurut artikel di mensxp.com , judging itu adalah bad habit yang harus dan sangat harus diminimalisir dalam kehidupan. Kenapa? karna...

1. Ketika kamu nge-judge orang, kamu hanya akan cenderung melihat orang itu dari sisi "Judge-nya" kamu yang artinya kamu membatasi penglihatan penilaian kamu terhadap orang yang kamu judge itu. 

2. Orang lain akan mencap kamu sebagai "Tukang judge", orang-orang akan mulai berfikir bahwa kamu adalah bad person dan fatalnya adalah jika seandainya nanti di kemudian hari orang yang kamu judge itu ternyata lebih sukses dari pada kamu, kamu akan cenderung "menyesali", dan hidup dalam penyesalan itu bener-bener enggak asik.

3. Kamu akan cenderung berusaha untuk menemukan kesalahan atau kekurangan dalam diri orang lain, entah itu teman, keluarga, pacar dll. Bad habit yang bisa membuat kamu lupa untuk memperbaiki diri kamu sendiri.

Sebenernya masih banyak lagi hal-hal yang menunjukan betapa ga baiknya "habit judging" itu. By the way, sampai sekarang  masih banyak loh orang yang ga bisa membedakan antara kritik  dan judging, nanti aku bakal ngepost bedanya antara keduanya. Tunggu yaahh :D

You May Also Like

0 komentar