Orang-orang tak terduga

Semuanya berawal pada saat beberapa lalu aku pergi ke dokter kulit.  

Pertama, saat di bus aku melihat bule perempuan dengan rambut yang (maaf) kaya orang gila dan reflek akupun nyengir. Gak beberapa lama aku turun di halte malioboro untuk transit dan melanjutkan naik bus yang menuju ke tempat dokter aku praktek. Ternyata bule itu juga turun dan dia duduk disebelah aku sambil berbicara bahasa Prancis sama temen cowonya. Wow, orang Prancis ternyata. Lalu dia nanya bagaimana cara menyebutkan kata “sugiono” ke aku. Dia keliatan kesusahan banget nyebut kata “sugiono”. Dengan rada gagap aku pun nanya ke dia.
“you from france?”
“yes” dia bilang, lalu selanjutnya giliran aku praktekin bahasa Prancis ku ke dia. Haha
“je etudie francais now, my francais it’s so bad” well, campur bahasa inggris haha, tampangnya kaya kaget campur excited gitu tapi berasa rada ngeri diliat. “Petit” kata bule yang cowo sambil senyum. Aku reflek ngangguk. Lalu dia nanya pakai bahasa Prancis tapi cepet dan aku Cuma geleng-geleng kaya orang bego, dia ngerti lalu nanya lagi pakai bahasa Inggris, intinya dia nanya buat apa aku belajar bahasa Prancis.
“Pour etudier en francais” kataku, “you know sorbone?” Tanya kulagi.
“oui, I was there” lupa-lupa ingat jawabannya tapi intinya saat itu dia bilang dia lulusan Sorbonne. Astaga aku reflek kaget sampai kehabisan kata-kata. Sorbonne? Seriously? Sorbonne meennnnn..yang kampus paling Famous se Prancis dan masuknya super susah, kampus yang ga menerima mahasiswa yang hanay sekedar buat “jadi mahasiswa” aja. Dan sekarang aku duduk sambil ngobrol disebelah orang yang dulu kuah di Sorbonne. Astagaa terus dia nanya nanti aku mau kuliah di kota mana. “touluse or marsheille or rennes” Dia kaget karna aku tau beberapa kota di Prancis dan dia bilang dia tinggalnya di Paris.
“comment vous vous appellez?” tanyaku
“ J’mapplle …..(duh ga jelas dia nyebut namanya)
Setelah itu percakapan berlanjut dengan aku ngomong bahasa Inggris campur bahasa Prancis yang masih belepotan.

Kedua, saat aku ngomong bahasa Prancis sama itu bule. Disamping aku sebelah kanan ada ibu-ibu yang umurnya sekitar 55 tahun-an. Dia nanya “bisa bahasa Prancis nak?’
“iya bu sedikit sedikit, ibunya tau ya?”
“iya dulu saya juga pernah belajar sedikit-sedikit”  wow gak nyangkaa :P
“kamu kuliah atau apa disini?”
“saya lagi kursus bu di IFI-LIP, kuliahnya tahun depan”
“wah bagus tuh nak, kalo soal bahasa kadang itu kita perlu banyak prakteknya, harus sering-sering ada dilingkungan yang bahasa itu dipake, ibu dulu gitu jua waktu kuliah di Amerika” wait wait..amerika? waw ga nyangka lagiiii haha. Percakapan berlajut ternyata ibu ini dulu Kuliah di Amerika dan udah pernah ke Jepang Dll, Beliau lulusan UGM. Bis datang lalu kami naik, dalam bis si ibu bilang kalo kuliah di luar nanti cari kerja part time aja buat nambah uang hidup. Aku sama ibu itu cerita banyaaakkk hal. Sampe pas aku turun lebih dulu si ibunya bilang “iya hati-hati ya nak semoga suskes”.
Entah kenapa kalimat itu masih terngiang-ngiang karna keluar dari mulutnya tuh berasa tuluuuussss banget. Jarang-jarang aku ketemu orang yang nanya dan ngajak aku ngobrol dengan “bener”, soalnya biasanya banyak orang yang nanya ke aku dengan tujuan tertentu entah itu basa-basi doang atau semacamnya. Respect banget deh sama ibu itu.

Ketiga, waktu sepulang dari dokter aku melancong sebentar ke Mc Donald. Karna nunggu burgernya perlu  waktu beberapa menit jadi aku ngobrol sama mas-mas yang jaga kasirnya. Pertanyaan pun makin panjang dan mengarah ke “Perkuliahan” ternyata tahun depan dia mau ngelanjutin Study nya ke Australie, katanya bulan desember ini dia mau daftar beasiswa buat kesana. Kita pun ngobrol panjang lebar seputar rencana perkuliahan aku dan rencana perkuliahan dia sampai burger aku datang. Aku selalu kagum sama orang-orang macam ini.

Orang-orang yang berani bermimpi sesuai keinginan mereka, bukan sesuai keadaan mereka.

*lamar aku ka lamarrrrrr* wkwkkw.

Bonus

You May Also Like

2 komentar

  1. gara-gara liat foto burger-nya jadi ga konsen baca artikelnya :-)
    untuk point 3 setuju banget mbak, kita harus punya mimpi sesuai impian kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi burgernya mah gak yang asli gak sama kaya difoto waktu mesen haha

      Hapus