Merindukan comfort zone.



 maaf jika sekiranya deskripsi gambar terlalu lebay :p

Oke, jadi gini. Sejak menyandang predikat sebagai anak kos, tiap kali ditanya “apa yang dirindukan dari Banjarmasin?” jawaban aku selalu sama. Comfort zone nya. Iya, comfort zone.

   Dulu kalau bangun pagi aku pasti langsung kelaperan, tinggal nunggu bentar dan walla makanan sudah siap dimeja makan. Sekarang kalau bangun pagi dan kelaperan mesti masak dulu, karna semua kegiatan masak memasak pakai rice cooker, jadi setelah masak nasi. Nasi itu dipindahin dulu baru setelah itu masak lauk. Seenggaknya aku harus nunggu 40 menitan dulu, baru bisa mengunyah sebuah makanan.

Dulu bisa makan sepuasnya, laper dikit dan pengen nyemil tinggal buka kulkas atau tinggal minta uang buat beli cemilan diluar. Sekarang? Makan tiga kali sehari itu udah Alhamdulillah banget. Nyemil? Jangan ditanya lagi yah whahaha.

Dulu kalau ke supermarket atau ke mall bareng mama buat belanja keperluan bulanan, bisa bebas beli ini itu. Tinggal tunjuk cemilain itu, nugget merek itu, selai merek ini, roti merek anu, shampo merk anu ya oke. Sekarang, kalau belanja kebutuhan sehari hari di supermarket atau toko, aku mesti ngitung-ngitung dulu. Contohnya mau beli roti atau telur ya dihitung dulu harganya dan bisa buat berapa kali makan. Missal, roti isi 10 pcs bisa buat sarapan 5 hari. Kalau harganya 10 ribu bearti buat sarapan pagi aku keluar uang 2000 + 500 sama selainya. Yah pokoknya jadi super duper perhitungan banget deh sama apa yang dibeli. Kaya tadi sore, aku ke indomaret deket kost terus ngambil roti dan mau beli telur sama keju cheedar + mie 4 bungkus. Entah kena hipnotis apa, engdingnya pas keluar indomaret Cuma bawa mie 2 bugkus.
   
Dulu bisa makan bermacam-macam, sekarang terbatas banget. Mau bikin sayur juga susah karga ga punya kulkas sayur pasti layu kan. Mau beli buah juga sama alasannya, mau beli nugget juga sama alasannya.
   
Dulu kalau bosen dirumah tinggal jalan keluar entah itu sendiri atau sama temen. Sekarang? Kalau mau jalan ya mesti mikir dulu. Karna motor aku belum dikirim dan kemungkinan ga dikirim sebab katanya sayang kalau dikirim, toh cuma 6 bulan-an lagi disini haha. Tiap mau jalan mikir jam dulu karna takut ketinggalan bus dan masalahnya adalah banyak acara-acara yang biasanya dimulai nya malem. Alhasil pasti ke skip deh. Belum lagi kalau naik bus bolak balik kan 7.200 well, itu bisa buat makan kenyang loh hehe.
-
Waktu di awal pertama nge-kost aku ngabisin uang hampir 1,5 juta hanya dalam waktu 3 mingguan. Yang bikin aku bingung adalah “uang itu pergi kemanaaa?” kok udah abis aja. Jadi waktu ada kesempatan libur tanggal 15-23 agustus, aku langsung mikir buat pulang ke Banjarmasin sekalian ngambil ijazah. Lumayan lah hidup aku terselamatkan satu minggu-an. Makanya  sekarang aku belajar untuk memperhitungkan segala hal se hitung-hitungnya *istilah apa ini* Ditambah lagi aku harus ngumpulin uang buat biaya service kamera yang udah terlanjur dibawa ketukang service *ini ditulis karna berharap ada dermawan yang ringan tangan dan ngasih uang buat biaya service nya atau semoga saja pak sufi yang tukang service-in kamera bisa ngasih diskon 50%, ayoo lah paakkk :p .

***
Terlepas dari segalanya, sejauh ini aku masih bisa berdamai sama semua hal yang diatas itu. Toh ini kan bagian dari pembelajaran dan pendewasaan diri *eaa. Kalau hidup di comfort zone terus ya kapan berkembangnya. Kalau roda gak berputar ya kapan jalannya, ya gak ceman-ceman?

SURVIVEEEE !!!

You May Also Like

2 komentar

  1. Menurutku hidup di Jogja lebih enak daripada di Banjarmasin lho mbak (sok tau ini, belum pernah ke Banjarmasin soalnya). Seenggaknya, harga di sini kan murah-murah, hehehe. Nasi kucing aja masih ada yang Rp1,000. Pernah denger klo di Kalimantan, seporsi pecel lele aja bisa belasan ribu.

    BalasHapus
  2. Wuahahaha. Beli mi 2 biji aja ke Indomrt? Emang deket rumah nggak ada warung, Res? :p
    Kalo belum biasa ngirit, ya gitu pasti. Awal-awal borosnya bukan main.

    Sempet ngerasain jauh dari orangtua, ya begitulah. Harus ngirit banget biar survive. Terus nggak boleh males-malesan. Apa-apa harus ngandelin diri sendiri deh. :))

    BalasHapus