(Review buku) The moving finger by Agatha Christie | queen of crime


Aku inget banget baca buku ini sambil nonton barbie waktu *skip*

Oke Cerita berawal ketika jerry burton (si tokoh aku) bersama adiknya joanna burton, memutuskan untuk pindah ke sebuah desa kecil bernama lymstock di kepulauan inggris. Kehidupan mereka awalnya biasa-biasa aja sampai akhirnya satu persatu warga menerima surat kaleng, surat yang isinya tuduhan-tuduhan gila yang gak masuk akal dan ditulis dengan kata-kata kotor tak senonoh. Semakin hari makin banyak laporan warga yang menerima surat itu hingga akhirnya nyonya symmington (istri pengacara) didapati meninggal atas dugaan bunuh diri dengan minum racun sianida karna terlalu takut pada surat kaleng itu.


Warga pun makin was was karna surat kaleng itu dan gak beberapa lama agnes (pembantu di rumah symmington) ditemukan meninggal di bawah tangga rumah dengan cara ditusuk pisau daging di belakang lehernya. Kasus ini diselidiki sama inspektur nash dan inspektur graves (polisi setempat) sambil di bantu sama jerry burton, mereka terus mencari siapa penulis surat kaleng itu dan akhirnya berhasil menangkap nona aimee griffth. Dititik ini gue kira cerita udah selesai tapi enggak. Tapi ternyata pembunuh nyonya symmington ya suaminya sendiri. 

Seperti biasa, disetiap buku agatha yang aku baca, aku selalu ngarep ada hercule poirot si detektif awesome itu disana. Tapi kali ini miss marple yang hadir. Dia juga detektif yang punya nalar logika super kuat dan keren kaya hercule poirot. Tapi disini porsi ceritanya ga banyak..yah karna sebenernya gue berharap miss marple punya porsi yang lebih banyak dari ini.

Miss marple lah yang menemukan pembunuh nyonya symmington. Yaitu suami nyonya symmington sendiri dan suaminya itulah yang menulis surat-surat kaleng itu. Ternyata surat kaleng itu cuma alibi. Suaminya membunuh karna pengen nikah lagi sama elsie holland ( pengasuh anak-anak dirumah symmington) .si suami nyonya symmington itu seorang pengacara yang mayoritasnya cerdik dan cerdas. Dia tau kalau terjadi pembunuhan sama seorang istri, orang yang bakal dicurigai petamakali ya pasti suami. Makanya dia bikin surat kaleng agar seolah olah istrinya meninggal bunuh diri karna takut sama surat kaleng itu padahal dia ngeracunin istrinya sama racun sianida. Lalu kenapa aimee griffth yang ketangkep? Ya karna aimee grifft itu suka banget sama suami nyonya symmigton jadi karna nyonya symmington meninggal dia takut laki-laki itu bakal nikah sama elsie holland, makanya dia mikir "wah mumpung ada kasus surat kaleng ya sekalian aja gue tulis satu buah buat elsie holland" tapi apesnya dia ketahuan dan dialah yang didakwa.

selalu yang aku suka dari agatha kasus kasus pembunuhan yang terjadi ya pembunuhnya pasti orang -orang dilingkungan itu juga. Jadi aku selalu menebak nebak. Kaya mikir " ah mungkin si jerry yang ngebunuh" lalu di halaman halaman berikutnya gue bilang " ah mungkin si anaknya nih, atau si pembantunya, atau si anu si itu si ini" jadi labil kan haha. Tapi itu yang aku suka. Dan juga di bab2 tertentu agatha nulis dakwaan dakwaannya pada seseorang tertentu yang akhirnya bikin kita mikir " udah pasti si ini nih pembunuhnya" eh ternyata bukan.

Oh ya..Ada quote dialog dari Aimee Griffith yang paling aku suka  "saya tak suka melihat seseorang tidak mendapat apa yang sebenarnya bisa diperolehnya. Saya menikmati hidup ini dan saya ingin orang lain menikmatinya juga.

3.5/5 buat buku ini. Kurang pecah sih. Tapi tetep keren

You May Also Like

0 komentar