Belajar Bahasa Baru

by - 15 September




Semoga tulisan ini bisa jadi penyemangat buat gue dan kalian-kalian semua yang sedang mempelajari bahasa baru, entah bahasa apapun itu. Semangaatt!!

***

Oke, sudah 51 hari gue belajar bahasa Perancis. Sama kaya bahasa-bahasa lain, disini kita juga ada tingkatannya. A1, A2, B1, B2, C1, dan C2. Sekarang gue udah di level A2 akhir. Waktu di level A1, kelas cuma diisi oleh 3 orang, jauh dari eskpetasi yang gue kira jumlahnya lebih dari 5 orang, setiap hari kita berasa kayak les privat ditambah lagi gurunya yang gak mau ngomong pake bahasa indonesia dan gak boleh buka kamus karna katanya biar kita terbiasa dan tiap kali gue keceplosan ngomong bahasa ingonesia doi selalu bilang "je ne parle pas indonesie" yang artinya "aku gak bisa ngomong bahasa indonesia" makin terseok-seok lah gue
hahaha.  Kalau kelas reguler biasanya level A1 selesai dalam 2.5 bulan.  nah dikelas ini (kelas super intensif), level A1 selesai dalam 1 bulan dan dilalui dengan lumayan berat, rasanya? bah jangan ditanya, sampai awalnya gue ngerasa terseok-seok (bener ga sih bahasanya?), "tejejerungkup" kalo kata orang banjar mah. hahaha.

Di level A2 kita ganti native plus muridnya nambah 2 orang cewe dan syukurlah kita dapet native yang lucu, orangnya santai, suka bercanda jadi kelas terasa asik. 2 orang temen baru ini bisa dibilang bahasa perancisnya ada diatas gue dan itu membuat gue terpacu untuk lebih  "cangkal (gigih)" lagi untuk belajar bahasa perancis. Lalu apa aja hal yang gue lalukan untuk nge-push  kemampuan bahasa gue?

1. Dengerin lagu-lagu bahasa Perancis
       Di hp, gue punya sekitar 300 lagu dan dari semua itu cuma ada 7 (kalo gak salah) lagu bahasa perancis dan yang gue lakukan pertama kali untuk nge-push bahasa gue adalah dengan menghapus semuaaaa lagu yang bukan bahasa perancis. Sumpah ini salah satu hal yang berat dilakukan karna harus kehilangan lagu-lagu favorit gue dan menggantinya dengan menambah koleksi lagu-lagu bahasa perancis agar telinga gue jadi terbiasa sama bahasa ini.

2. Baca buku bahasa Perancis
        Setiap selesai kursus gue gak langsung pulang, gue biasanya melancong ke bibliotheque (perpustakaan) di tempat kursus. Gue pinjem buku cerita pendek yang sesuai dengan level bahasa yang lagi dipelajari, walaupun cuma 40-an halaman tapi gue bacanya lamaaaa banget karna bacanya sambil liat kamus. Saran buat yang lagi belajar bahasa asing, mending terjemahkan sebuah kalimat satu persatu per-kata,  entah di kamus atau google translate.

3. Nonton film Perancis
        Kalau dulu gue nonton film sekali doang, sekarang gue nonton film bisa nyampe 3 kali untuk judul yang sama, jadi nonton pertama pakai subtitle bahasa indonesia lalu setelahnya nonton pakai subtitle perancis, ini agar gue tahu kalimat, pelafalan, dan penulisannya. Karna perlu kalian tau bro penulisan bahasa perancis itu dan pelafalannya bueedaaaa hehe. contohnya :

"que-est que ça veut dire?" dibaca "keske sa vedir?"
"comment ça s'ecrit?" dibaca "komong sa sekri?"  

nah beda kan? inilah gunanya nonton film bahasa perancis dengan subtitle perancis juga, begitu juga kalau kalian sedang mempelajari bahasa yang lainnya, agar kita tahu pengucapan dan penulisannya.

4. Chating
       Gue dari dulu tau omegle.com tapi gak pernah nyoba main ini, sampai suatu ketika gue curcol ke salah seorang teman tentang bahasa yang gue pelajari dan dia nyaranin agar gue nyoba chatting di web ini. Bagi kebanyakan orang mungkin omegle ini web yang cenderung ke arah negatif tapi itu tergantung niatan kita kok mau ngebawa diri ke arah mana  #tsaahh . Setelah chatting sama beberapa strangers pakai bahasa perancis...et voila! It's work bahasa perancis gue ada peningkatan.

5. Ngobrol sendiri
       Ini memang keliatannyaa kaya orang gila, tapi ini yang gue lakukan tiap hari. Gue sering ngobrol sendiri pakai bahasa perancis, biasanya sih ngayal lagi bercakap-cakap sama seseorang dan selain gobrol sendiri kalian juga bisa ngajak ngobrol temen terdekat atau seperti yang gue lakukan, gue cari orang indonesia yang bisa bahasa perancis di facebook dan nge-chat mereka buat diajak ngobrol pake bahasa perancis sekaligus kadang buat dimintain saran agar gimana caranya gue bisa belajar bahasa perancis dengan maksimal.

Well, semakin kesini gue semakin sadar bahwa bahasa itu soal "terbiasa"nya kita, toh kita semua bisa bahasa Indonesia bukan karna kursus kan? hehe tapi karna terbiasa, makanya gue melakukan segala hal agar gue bener-bener bisa lekas terbiasa sama bahasa baru ini.

Kalau kalian? apa cara yang kalian pakai untuk mempelajari bahasa baru?

Akhir kata, gue mau ngopas tulisan paling awal.

Semoga tulisan ini bisa jadi penyemangat buat gue dan kalian-kalian semua yang sedang mempelajari bahasa baru, entah bahasa apapun itu. Semangaatt!! 


You May Also Like

56 komentar

  1. Saya dulu terakhir kali belajar bahasa asing selain bahasa Inggris, yaitu bahasa Jerman waktu di SMA ya, dan sekarang udah gak belajar bahasa asing yang lainnnya lagi,,,, hehehehehe, weis lagi semangat belajar bahasa Prancis ya Mbak, mantap.. Saya tertarik dengan lagu-lagu berbahasa Perancis, soalnya saya suka banget denger lagu-lagu yang saya gak ngerti ya, serius Mbak, boleh tahu gak judul lagu rekomended dalam bahasa Prancis yang enak didengar??? Saya suka lagu-lagu berbahasa Italia, dan belum dengar lagu berbahasa Prancis, jadi ingin tahu ya... hehehehehehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dengerin lagu
      1. Julien Doré gan yang judulnya chou wasabi & paris seychelles
      2. zaz - champs elysees
      3. tal - sens dans la vie
      4. joyce jonathan - character

      dll tp ini lagu yang paling ane suka gan heheheh

      Hapus
    2. Itu di internet ada kan ya, bisa di download, iya makasih Mbak,,,, Siiiiiippppp... :)

      Hapus
    3. sama-samaaaaaa selamat mendengarkan, sekalian juga sambil ngedengerin sambil diliat liriknyadan rasakan sensasinya wheheh

      Hapus
  2. Kerja keras banget untuk belajar bahasa perancis nya. kalau kaya gitu pasti hebat bahasa perancisnya hhe! good luck deh belajarnya


    km orang banjar ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aminnnnn...
      iya,,,aku urang banjar jua sama kaya ikm gan hehe

      Hapus
  3. Memang harus dipaksakan untuk belajar bahasa asing, nanti kalau udah terbiasa bakalan nggak nyesel :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan harus pinter-pinter maksa diri sendiri, karna hasil berbanding lurus sama usaha kalo kata orang mah hahaha

      Hapus
    2. Benar, haaaa. Aku aja nyesel, dulu pernah ikut kursus bahasa inggris tapi nggak pernah serius. Jadi sampe sekarang ancur bahasa inggrisku haaaa

      Hapus
    3. ente gak sendiri gan, ane sama, bahasa inggris ane juga ancur sampai sekarang wkwk

      Hapus
  4. Memang tidak mudah rasanya untuk menghapus lagu-lagu favorit mah ya mba,?heu
    pelafalan dalam bahasa prancis ternyata lebih pendek dibanding penulisannya, perlu dicoba juga nih dengerin lagu" perancis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak mudah mas , berat banget malah rasanya wkwk

      iya gan coba dengerin laju zaz - champ elysees , enak lagunya gan

      Hapus
    2. heueheu, kalau dengan air se ember beratan mana coba? :D
      assik demen lagu jazz nih..?
      siap makasih nnti coba dengerin champ elysees.

      Hapus
    3. maskud ane, nama penyanyi nya itu "Zaz" gan heheh, nah judulnya champ elysees

      Hapus
    4. aduh salah paham,heu
      siap lah :)

      Hapus
  5. Belajar bahasa prancis ada tingktannya juga
    Kalo bahasa Jepang tingkatan'a mulai dari N1-N5

    BalasHapus
  6. iya ada gan kayanya semua bahasa pasti ada tingkatannya deh hehe kalo bahasa jepang susah gak gan? kayaknya susah yah hehe

    BalasHapus
  7. cara terbaik memang nonton film sama dengerin lagu sih... dulu, karena mau masuk jurusan hubungan internasional gue sempet kepikiran buat belajar prancis. lagu pertama yang gue dengar adalah... lagunya ratatouille, tapi.. semua percuma karena gue mengurungkan niat untuk masuk HI. sebenarnya, bahasa prancis itu emang susah.. huruf r atau huruf apanya gitu harus ada penekanan khusu di tenggorrokan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya huruf R nya emang dibaca nya kaya kumur2 gitu gan, pasti punya temen kan yang gak bisa ngomong "R", nah gitu orang prancis ngomong gan

      Hapus
  8. why just one, make it seven.
    Kalau saya gak ada waktu sih buat kursus lagi, sibuk kerja soalnya. Pas pulang gak ada tenaga lagi buat belajar. hehe..
    jadinya mengandalkan audio learning aja. Coba kamu cari web di google namanya FSI Language Learning. ada audio dan e-book gratis dari berbagai bahasa.
    Yang paling gampang sih mengandalkan gadget Android, saat ini kadang saya pakai "fun easy learning" apps dari berbagai bahasa.
    Saat ini udah mastering English, Arabic udah ngerti basic karena dulu nyantri*tapi gak pernah bercakap-cakap, ngerti tulisan gundul basic aja.
    Sisanya masih proses memulai. Setidaknya ada 5 bahasa yang mau saya kuasai (dlm artian dalam komunikasi), perancis salah satunya. Sisanya german, japanese dan spanish.
    Satu hal yg mesti diperhatikan, meskipun saya gak mahir (malah baru pemula) mengenal kata asing baru membuat otak kita lebih aktif dan kagetnya tuh pas ada nemu kata tertentu yg artinya sama dalam bahasa Indonesia .
    Ini salah satu review aplikasinya yg saya buat.
    https://www.youtube.com/watch?v=jQ2XFmaBqLA

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren ane juga targetnya mau bisa menguasahi bahasa german dan spanish gan. nanti kapan-kapan kalau ada kesempatan kita harus kopdar gan buat ngobrol pake bahasa asing, entah itu france atau germany, atau english :D

      Hapus
  9. spirit mbak n good luck belajarnya :D
    Saya belajar bahasa jawa kromo alus dulu aja lah sebelum belajar bahasa asing. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah akhir-akkhir ini aku juga kepikiran mau sedikit-sedikit belajar bahasa jawa mas soalnya kadang suka kebingungan kalo denger orang sekitar ngobrol pake bahasa jawa. hihihi

      Hapus
  10. Waahh.. Bahasa Perancis.. Aku belajarnya pas SMA doang..
    Dan bahasa Perancis itu menurutku... Susaaahhh :'D Karna tulisan sama cara bacanya ini yg beda. Tp kalo baca doang bisa, ngartiin yg gak bisa. Wkwk. Dulu mah aku belajar Perancis gak niat, karna jd muatan lokal aja jd trpaksa bljr. Hehe.
    Ini niat banget sampe ngoleksi 300 lagu perancis... Gokill.. Wktu itu sih guru aku jg ngasih praktek nyanyi lagu perancis gtu, jdulnya apa ya? Ada 'se mang, se mang' nya gitu deh blkgnya, lagu sereosa. Sama lagunya Anggun yg Mon Meilleur Amour jg enak.
    Film perancis prnah aku tonton jg sekali, jdulnya lupa.. Pokoknya yg maen anak kecil smua. Itu kocak banget, klo gak salah jdulnya sodara lelaki deh (bhs perancis tp)

    Aku mendingan bljr bhs Jepang deh, soalnya aku pnya bnyak lagu2 Jepang, jd udh trbiasa sm pelafalannya. Trs palingan smbil nnton anime deh. Kalo cara baca bhs Jepang mah sama kyak tulisannya. Tp yg paling susah dri Jepang sih mnurutku Kanji nya..
    Tp yaa.. gitu sih, aku bljar bhs asingnya blm niat2 banget, prnah latian dri website untuk kursus gratis, tp lama2 bosen, kuotanya abis mulu. Wkwk #lupakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku malah mikirnya bahsa jepang lebih susah mbak hihi soalnya kan hurufnya aja udah beda. semangat ya belajar bahasa jepangnya , boleh dong nanti aku ikut-ikut nyembil belajar bahasa jepang banreng sama mbak hehe :D

      Hapus
  11. susah banget untuk belajar bahasa asing..
    dari dulu cuma dua bahasa yg mahir, jawa dan indonesia :)

    butuh kerja keras

    BalasHapus
  12. aku juga pernah belajar bahasa prancis dulu sma, guten morgen, reski . itu prancirs atau jerman ya? ah tau ah

    BalasHapus
  13. hehe, kok tulisan bahasa prancis kalo dibacanya beda banget ya mbak, jauh loh ini bedanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang seperti itu gan haha makanya banyak yang bilang kalau bahasa prancis itu boros huruf hehehe

      Hapus
  14. Hebat bisa bahasa perancis ya gan! Susah apa tidak sih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. susah susah gampang gan, kadang ada pelajaran yg gampang dipahami tapi ada juga yang malah bikin gue jadi berfikir keras. tapi beberapa hari setelahnya pelajaran itu kerasa mudah haha

      Hapus
  15. ajarin gue dong, pengcapan bahasa perancis beda gak sama bahasa jerman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah gak tau ya beda apa engga, gue belum belajar bahsa jerman soalnya . cuma tau guten morgen doang hahah

      Hapus
    2. kalau membaca vokalnya sama gak? soalnya kalau jerman kan semua huruf bisa dibaca kayak bahasa indonesia, gimana dengan perancis

      Hapus
    3. beda kalo bahasa perancis kebanyakan huruf akhirnya gak dibaca mas bim heheh coba deh sekali-kali dengerin lagu bahasa perancis plus sambil liatin liriknya , beeuuhh bedaaaa

      Hapus
  16. Saya belum bisa aja nih belajar bahasa baru, susah... bahasa tubuh namanya

    BalasHapus
  17. wah, bahasa prancis, bahasa yang sulit nih, apalagi pengucapannya yang rada ribet

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang rada sulit gan,,,tapi bahasa perancis itu katanay bahasa yang paling romantis sedua lhooo :p

      Hapus
  18. sempet ikut les di Kedai Perancis disalah satu universitas selama 3 bulan tapi berasa masih belum mampu dapet banyak ilmu. pernah nyoba nonton filmnya... beuhhhh ngomongnya cepet beudh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya cepet banget mereka ngomong, gue aja dulu waktu awal-awal, tiap kali pelajaran listening pasti cuma senyum-senyum doang karna gak paham omongan mereka apa tapi sekarang udah mulai bisa ngerti sih walaupun kadang masih bingung juga

      Hapus
  19. Gue bahasa Inggris aja masih cupu, ini bahasa Perancis. Keren. Film Perancis yang pernah gue tonton apa, ya? Love in Paris? Ah, itu mah film Indonesia. Huwahaha. XD

    Ya gitu, habis belajar harus praktek dan dibiasain. Kalo nggak, sama aja bohong. Soalnya ada temen gue, awal-awal jago bahasa Jepang. Tapi karena nggak dipraktekin, ya dia lupa dan kaku lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya temen gue pernah bilang untuk bisa mempelajari bahasa ya dengan caara "make it habbit"

      jangan salah loh bahasa inggris gue juga masih cupu hahah

      Hapus
  20. Jujur bahasa inggrisku ja masi belibet
    Palagi prancis uaaaa
    #muter

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juag bahasa inggrisku masih belibet banget mba hahah

      Hapus
  21. Woow, belajar bahasa Prancis.
    Saya pengagum kota-kota di Prancis yang keren, tapi belum ada niatan untuk belajar bahasanya. Karena kata orang dan habis baca postingan ini rada susah juga, hehehe.
    Bahasa Prancis juga bahasa yang sering dipakai orang setelah Bahasa Inggris, benar gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iay emang susah gan tapi kalo udah mulai belajar pasti bakalan ketagihan juga kok,,,fyi menurut aku bahasa perancis itu sexy hahahh iya ada banyak negara yang juga menggunakan bahasa perancis sebagai bahasa official mereka...disebut francophonie namanya, (franchoponie adalah negara negaray ang menggunakan bahasa perancis )

      Hapus
    2. Yang saya tahu, franchophonie karena negara itu dulunya dijajah Perancis..

      Hapus
    3. iya mereka dulu memang bekas jajahan perancis gan

      Hapus
    4. Pernah dengar lagunya Danilla gak yang judulnya Reste Avec Moi? Kalau gak salah sih itu lagu bahasa Perancis tapi yang nyanyiin penyanyi Indonesia.

      Hapus
    5. wah belum pernah denger, malahan baru tau dari ente gan...sekarang meluncur ke youtube deh hehe

      Hapus
  22. wah bahasa perancis? termasuk bahasa tersulit didunia nih..
    cuma pernah belajar bahasa jerman kalo aku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku malah mau nyambil nyambil juga belajar bahasa jerman haha

      iya emang sulit kalo menurut aku sih, soalnay ada sistem femina maskula,

      Hapus
  23. Kak, rekomendasi film Perancis yang subtitlenya juga bahasa Perancis dong. Mau belajar juga hehe

    BalasHapus