(Review buku) The murder of Roger Ackroyd by Agatha Christie | Queen of crime

Biar aku tebak, kamu pasti nanya siapa agatha? 
Dia itu penulis criminal fiction paling terkenal yang dijuluki queen of crime. Bukunya-bukunya udah dicetak lebih dari 4 miliar eksemplar. Gila ga tuh?



Buku ini, The murder of roger ackoyd (pembunuhan atas roger akroyd) bercerita tentang seorang dokter, James sheppard dan hercule poirot, seorang detektif. Mereka berdua menyelidiki kasus pembunuhan yang terjadi pada Roger Ackroyd.
Cerita berawal ketika nyonya Ferrars (gebetan Roger Ackroyd) ditemukan meninggal dirumahnya. Atas keterangan dokter (James Sheppard) nyonya ferrars dinyatakan meninggal karna minum veronal terlalu banyak akibat depresi. Cerita selesai? Enggak. Gak beberapa lama setelahnya Roger Ackroyd ditemukan meninggal diruang kerjanya dengan pisau belati menancap di lehernya. Dan yang dicurigai adalah Raplh Paton, anak Roger Ackroyd, karna si Ralph menghilang misterius setelah kematian ayahnya. Tapi Flora si keponakan Roger Ackroyd sekaligus tunangan Ralph gak terima atas tuduhan itu dan meminta Hercule Poirot agar menyelidiki kasus ini untuk menemukan pembunuh sebenarnya. 
Hercule Poirot dibantu sama dokter Sheppard menyelidiki kasus ini setahap demi setahap sampai mereka menemukan pembunuh sebenarnya.


***

Memakai sudut pandang orang pertama. DokterJames sheppard sebagai tokoh "Aku" .The Murder of Roger Ackroyd ini ditulis dalam bentuk sebuah catatan yang ditulis oleh Dokter Sheppard semacam buku diary gitu kalo kata anak muda.  Yang istimewa di buku ini adalah bagaimana Agatha "mengecoh" kita para pembaca, karena kita diposisiskan ngga bisa membaca apa yang dipikirkan Hercule Poirot, karna sudut pandangnya dari dokter Sheparrd . Ini memang salah satu buku Agatha paling fenomenal selain "And then there were none". 

Endingnya...jeng jeeengggg luar biasa nggak tertebak, dan bisa bikin kita terbengong-bengong lama sesudah membacanya. Keren! Itu yang bakal kamu katakan udah ketika selesai baca buku ini. Ditiap halaman kita akan dibikin menebak-nebak siapa pembunuhnya. Awalnya aku kira si adik ipar nya Ackroyd yang ngebunuh lalu di bab berikutnya aku mikir "Ah jangan jangan keponakannya" , di bab berikutnya aku mikir "Mungkin anak nya", di bab berikutnya "Ah kayanya pembantunya, ah jangan jangan asistennya Ackroyd" dan begitu seterusnya. Hampir semua tokoh yang ada di cerita ini aku curigai. Berasa labil baanget baca novel ini lol. Jadi inget ada adegan si Poirot nanyain kenapa kursi diruang pembunuhan kegeser beberapa centi dari posisi awal. Aku mikir "apaan sih ga penting banget nih si papi poirot" eh di endingnya dijelasin kenapa kursi itu kegeser dan bener-bener ngaruh dicerita.

How about twist? Twist nya super duper nampar banget. Aku aja sampai geleng-geleng sambil ketawa waktu baru selesai baca buku ini. Yasalaammm...Emang sih di awal dan tengah cerita rada rumit, tapi penjelasan di akhir sederhana dan masuk banget dilogika entah itu motif, MO, Clue-clue di awal dll deh.

Oya buku ini juga masuk daftar "1001 buku yang mesti dibaca sebelum kita wafat"

5/5 buat buku luar biasa ini




You May Also Like

0 komentar