Menjadi minoritas, menjadi beda.


"Engga ada yang lebih pahit dari ga bisa jadi diri sendiri karena engga di terima oleh lingkungan"  Kurang lebih, begitu kata Pandji, ketika dia bercerita tentang dia yang di permalukan oleh gurunya karena engga bisa ngerjain soal matematika di papan tulis, gue, sebagai seorang yang pernah mereasakan hal yang sama, jadi tiba-tiba pengen bahas hal ginian disini hahaha.

Waktu SD, salah seorang guru gue, namanya pak Slamet ( Inget banget nih gue), dia ini, tiap kali habis baca doa sebelum pulang sekolah, suka nanya ke anak muridnya, entah itu soal agama atau IPA atau bahkan soal matematika, yang paling cepat bisa menjawab, itu yang bisa pulang duluan, bayangin ada 30 anak murid dan dia dengan niatnya nyiapin 29 soal secara oral, murid terakhir yang engga bisa jawab, bakal kena hukuman, entah itu nyanyi atau apapun itu. 

Gue, adalah salah satu korbannya, bayangin coba, suatu hari, sebelum pulang dia kasi soal matematika ke kita satu persatu, perkalian dan pembagian, lah gue kan kalo hitung-hitungan kudu mikir dulu yak,  engga bisa cepet jawabnya, gue, sebagai orang yang memang lamban di matematika, sudah pasti, jadi anak terkahir yang tersisa dikelas, gue dihukum, di suruh nyanyi, dan kampretnya, temen-temen gue yang udah pada jawab soal dan bisa pulang duluan,  mereka engga mau pulang tapi malah ngeliatin gue. Gue malu, ngerasa dipermalukan banget.

Kejadian itu engga bisa gue lupain sampe sekarang, bayangin anak SD yang pikirannya belum dewasa, masih polos dan naif banget, di permalukan di depan teman-temannya, jelas sakit hati dong ya. Sejak saat itu gue jadi takut matematika, jadi engga suka matematika, bahkan ketika gue udah berusaha untuk sukapun, ujung-ujungnya gue akan males sendiri ngerjain sesuatu yang berhubungan sama matematika,  tapi karena mayoritas teman-teman gue cenderung cepat dalam berhitung, gue jadi ngerasa minder, engga pede, gue berbeda dan gue malu, gue minoritas yang ngerasa tertindas saat pelajaran Matematika dan bahkan itu berkelanjutan sampai di jenjang sekolah menengah. 

Beruntungnya, setelah lulus SMK,  gue menyadari bahwa memang gue engga ada bakat dalam hitung menghitung, dan akhirnya bisa memahami bahwa, ya okelah, mungkin gue lemah di hitung berhitung tapi jago di hal lainnya, yang dimana engga semua orang jago di hal yang gue jago. Gue beda, gue menerima, dan itu membahagiakan :)

Kembali ke point awal, menjadi minoritas enggaklah enak, entah itu minoritas karena fisik, ekonomi, ras, agama atau papaun itu, engga enak, tapi apa mau dikata, begitulah sudah keadaannya. 

Contoh,  di Indonesia, dari jaman dulu sampai sekarang masih eksis loh yang namanya bully-bully an soal fisik, misalnya gue yang dulu waktu SD sering di katain sama temen-temen sekolah hanya karna saat itu kulit gue alergi parah dan sensitif banget sama gigitan nyamuk (walaupun Alamdulillah sekarang gue sembuh) atau contoh lain temen  gue yang berkulit paling hitam di sekolah, selalu sering dikatain "Eh negro lo, kok nyasar sini". 

What the hell are you guys talking about? Kita engga bisa memilih kita mau terlahir kaya apa, entah kulit lo hitam atau putih, fisiknya lengkap ataupun engga, bukankan itu sudah ketentuan dari Tuhan? Kenapa menghabiskan waktu menghina, memojokkan, atau ngebecandain orang-orang tertentu hanya karna mereka berbeda dari kalian? hanya karna orang ini dianggap minoritas, it's not funny at all.

FYI, karna pengelaman yang gue ceritain diatas, gue jadi sensi banget tiap kali ada orang yang becanda soal fisik, entah itu becandaan ditujukan ke gue ataupun ke orang lain, gue engga suka. Buat gue, ngebecandain fisik sama aja kaya ngebecandain Tuhan. 

Tapi, dari semua yang pernah gue alamin itu, tinggal di Eropa-lah yang membuat gue ngerasain lebih "Jelas" rasanya jadi minoritas itu kaya apa, susahnya nyari makanan halal, sedikitnya masjid di kota tempat gue kuliah, atau susahnya nyari kerja karna gue pakai jilbab dll. Gue baru memahami sepenuhnya rasa jadi minoritas setelah kuliah di Perancis.

Engga mudah lho jadi minoritas di sini, di Indonesia, mungkin lo bisa sholat di tempat umum dan itu akan dianggap biasa aja, tapi, di sini, temen gue sholat di pojokan resto kampus, besok harinya tempat yang dia sholatin itu dijaga sama security kampus, atau contoh lain, tetangga gue yang beberapa wktu lalu cerita ke gue, gini " Eh aku tadi liat cewe sholat di pinggir sungai, aneh banget ya, bizzare gitu, apa banget deh ", sambil tangannya ditaroh di dahi, ngasi tanda orang sinting. Hehehe, FYI, di Perancis, agama itu urusan pribadi masing-masing, sebaiknya engga perlu ditunjukkan, begitu kata dosen gue.

Well,tapi apa enaknya jadi minoritas? Menurut gue pribadi, lo akan jadi orang yang lebih bisa menerima dan engga mudah menghakimi, akan lebih bisa mengerti karena mungkin lo tau rasanya disakiti *eaaa. 

Hmmm, sebenernya gue engga tau lagi harus ngetik apa, gimana lagi ngelanjutinnya, gue juga engga tau gimana harus conclure-in postingan ini hahaha. Tapi, sejujurnya, gue cuma berharap, semoga kita semua makin bisa lebih peka dan mengerti sama hal-hal yang ada, bisa memahami bahwa setiap orang dari kita itu  berbeda, bahwa setiap orang punya "Jago" dan "Lebih" nya masing-masing.

So please jangan jadi sosok yang suka menghakimi dan memojokkan satu sama lain hanya karena embel-embel "Beda" itu sendiri, yang pada akhirnya membuat beberapa minoritas malah menyembunyilkan jati diri mereka sebenarnya, mengubah mereka jadi orang lain yang bukan mereka, karena dunia itu terlalu indah kalau cuma di gunain hanya buat ngurusin hal-hal yang beda yang engga mungkin akan berubah jadi sama. Ya gak sihhhh? Hehehe

You May Also Like

16 komentar

  1. Di perancis soal agama kayaknya keras banget yah. Bener tuh kalau di indonesia mau shalat dimana aja fine-fine aja. Ternyata tinggal dan jadi minoritas saat diluar negeri cukup rumit juga yah. Ahh di Di indonesia pun lagi marak banget persekusi, bullyannya malah main keroyokan, bukan cuman pribadi aja yang di serang tapi sampai keluarga. Dan parahnya itu bikin trauma bagi korbannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget rumit lho, oh yaaa? makin marak yaa? iya gue setuju, bully itu walaupun engga "Dalem" tapi pasti akan membekas banget di hati orangnya.

      Hapus
  2. Gue juga termasuk korban bully loh jaman smp. Apalagi bully soal fisik gue yang kurus kerdil banget bagai telur puyuh. Mungkin buat jaman masa-masa smp bully soal fisik atau apapun itu masih dalam garis bercanda, tapi semakin naik umur pasti udah jarang ada hal bully-bully gak jelas soal 'dia negro lah, dia buntetlah, dia cacatlah, dan lain lain.'

    Kalo soal guru yang sengaja mojokin satu muridnya yang berkekurangan, soal itu gue pernah alami dikelas, tapi sayang korbannya bukan gue melainkan teman gue yang selalu ranking terakhir setiap semesteran. Kasihan banget.

    Soal negara luar yang anggep agama itu urusan kita dengan Tuhannya kita, gue suka banget soal itu! Beda hal nya sama disini, agama jadi persoalan kita semua padahal yang menjalani ya masing-masing setiap orang. But its okay :')

    willynana.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohh jangan salah lho di tempt gue di lingkungan gue becandaan soal fisik masih sering bngt kejadian, serius lho ladang miria juga dengernya heheh

      Hapus
  3. Sewaktu SD emag gitu, kalau dulu pertanyaannya hanya seputaran agama dan pemerintahan serta geografi. Jadi amanlah bisa pulang duluan. Beruntung kami lahir sebagai anak pantai, jadi nggak ada ejekan kata "hitam, negro, dll" karena sejatinya kami waktu kecil udah pada dekil semua.

    Yang jelas kalau dulu nama bapaklah yang sering disematkan untuk memanggil kita. Oya yang sampai sekarang melekat juga entah kenapa nama "Eko" selalu dikaitkan dengan kata "Kodok" kalau di Jawa :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha krn anak pantai sering main mulu ya mass, asik dongggg

      Wah iya aku juga jdi inget dlu waktu sd tuh di tmptku juga eksis ejek ejekqn nama bapak😅

      Hapus
  4. Aku jg suka ga ngerti knapa ada orang2 yg suka membully org lain hanya krn mereka berbeda. Ntah pengetahuan agamanya cetek banget, sampe ga sadar org yg mereka bully itu ya ciptaan Tuhan sama kyk dia yg membully.. Ato krn didikan di rumahnya yg suka meremehkan org lain, makanya ngelakuin hal yg sama ke orang yg dia gNggu..

    Yg pasti, sebagai ortu aku nekanin banget ke anakku, kalo kita semua ini sama . Ga peduli agama, warna kulit, suku ato apapun, kita sama :). Sekolahnya juga nanti, mau aku masukin k sekolah yg heterogen aja mba, bukan Sekolah agama. Drpd ntr dia kena doktrin ama oknum guru yg radikal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain pengetahuan agamanya cetek, manners nya juga cetek berarti, hahaha

      Iya aku setuju bngt mba, guru yg radikal skrng banyakkkkk haha salah dikit aja kasi pemahaman ke anak wes lah berabee

      Hapus
  5. di Perancis setau gw agak rasis sama umat islam. Dan katanya ada beberapa kampus yang melarang menggunakan hijab, bener gk si riz? kyk kasusnya Mega Iskanti yang diterima di univ perancis tpi ada syarat tdk boleh menggunakan tutup kepala dll termasuk hijab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kayanya harus diluruskan nih info soal ini hehehe kalau kampus universitas, engga dilarang pakai jilbab, tapi kalau kuliah D3 di BTS (kampus tapi gabung sama bangunan SMA) nah ini engga boleh pakai jilbab kalau di BTS,

      Hapus
  6. ngeri juga kalau jadi minoritas di negeri orang ya mbak?
    mau ibadah aja susah dan kudu pinter-pinter nyari space, itupun seadanya.

    setuju sama statementnya mbak, kalau dibalik "kekurangan" setiap orang, dia itu punya kelebihan masing-masing yang wajib kita apresiasi. ngga melulu soal pelajaran eksak, nyatanya orang-orang dengan kemampuan eksak yang biasa-biasa saja juga mampu berprestasi dibidang lain. Bisa olahraga, seni rupa, musik. so, jangan bully mereka lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga ngeri ko mas sejauh ini aku masi betah betah aja disini, secara keseluruhan orang Prancis baik baik ko hehe


      Tos duluuuu ✋🏻

      Hapus
  7. Wow, berat sekali ya di perancis. Tapi kalau sudah dari awal gitu ya harus mau mengikuti aja hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga berat ko, secara keseluruhan enak kok , orang Prancis baik baikkkkk kok hehe

      Hapus
  8. iyah bener setuju banget mba sama apa yang mba ungkapin di atas.
    aku udah sering jadi bahan bully'an. dari yang namanya TK, SD, sampe kuliah... bahan bullyannya pun nggk berubah masih berhubungan sama ..... ehhmm

    mungkin mereka cuma nganggep ini lelucon yng bisa ngibur mereka atau sebagai pelipur lara tanpa mikirin apa yng dirasain sama kita.

    tapi beruntung, Allah ngasih gue jalan untuk berpikir bahwa mereka cuma orang yang terlalu peduli sama hidup kita. jadi yahh aku nggk terlalu mikirin apa yang mereka pikirin selama yang aku lakuin benar dan nggk menyinggung perasaan mereka.

    kadang nggak abis pikir sama orang yang selalu ngeliat perbedaan menjadi sebuah lelucon.. kaya nggak ada candaan lain aja kali yah.. hhuuummm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Temen gue pernah nyeletuk " kita sekarang berada di zaman dimana tinggat intelektual seseorang diukur dri caranya becanda" , welll dia ngomong gitu nyletuk doang tp itu bener adanya , klo orng memang intelek pasti becandanya juga beda dong yaaaa hahah ga lg main bully bully an gitu

      Hapus