Puasa, taraweh, dan lebaran di Prancis

Sebelumnya gue mau ngasih tau dulu kalau ini ramadhan pertama gue jauh dari orang tua, ramadhan pertama di luar negeri. Jadi awalnya gue masi rada kagok.


Lebaran udah lewat, (lewat banget woy), rasanya sayang kalau gue gak nge-post soal ramadhan di Prancis, karna kalau dari komentar-komentar yang gue baca, ada sebagian yang suka kalo gue cerita soal kehidupan gue di Prancis. *Sok iye banget dah hehehe

Kalau ditanya rasanya gimana, awal-awal sebelum ramadhan mulai gue sempet sedikit sedih karna ngebayangin betapa jauhnya gue dari rumah, jauh dari orang tua, bayangin gak enaknya bangun sahur dan masak sendiri,  gitu gitu lah pokoknya, tapi justru setelah ramadhan mulai, gue malah ngerasa baik-baik aja, malah semakin hari semakin enjoy berpuasa disini. 

Karna gue sering kumpul bareng anak PPI (perhimpunan pelajar Indonesia) di kota Caen. Jadi sebulan penuh puasa malah jarang buka puasa sendiri, (beda sama perkiraan gue sebelumnya) karna anak PPI di kota Caen sering banget ngumpul buat buka bareng, biasanya disalah satu rumah anak PPI, fyi kita hampir ga pernah nongkrong di cafe atau buka puasa di resto gitu, selalu dan selalu dirumah, urunan duit buat belanja di carrefour terus masak bareng. Selaluuuuu begitu. 
Kalaupun buka diluar kita akan buka di tempat publik (bener ga nih bahasa gue?) misal di pelabuhan atau di taman, jadi tetep, masak dirumah dulu lalu lanjut ngumpul di salah satu rumah anak PPI, bisa juga taraweh bareng dulu setelah itu lanjut main kartu atau monopoli, sampe subuh, terus sahur bareng,  habis sahur baru pada tidur. Paginya baru pulang ke rumah masing-masing.

Oh iya, fyi lagi, karna ramadhan di Prancis itu jatuh pas lagi summer, pas lagi panas-panasnya, yang dimana waktu siang lebih lama dari pada malam, jadi umat muslim disini berpuasa dari jam 04.00 pagi sampe magrib jam 22.00 Lalu isya-nya jam 23.00 malam , begitu terus selama sebulan penuh. 

Kalau ngomongin soal taraweh, karna disini umat muslim miniritas jadi bisanya jemaah yang  sholat engga banyak, masjid disni pun engga gede, kaya masjid komplek gue. Tarawehnya cuma 10 rakaat ditambah 1 rakaat withir, kalau di Indonesia kan biasanya habis kelar 2 rakaat, ada jeda sebentar, imam bakal baca doa/shalawat (koreksi kalau gue salah ya), kalau disini engga, habis salam, langsung bediri lagi buat sholat, ceramah pun engga ada. Jadi "feel" tarawehnya kurang berasa sih menurut gue hehehe.
maaf kalo fotonya jelek , ini hasil capture-an heehehe
Disini gue jarang taraweh, karna jarak masjid dan rumah  jauh dan yang paling utama karna gue terkendala transport, jadi karna isya jam 23.00 maka taraweh biasanya dimulai jam 23.30 an sampai jam 01.00 pagi. Di jam segitu udah engga ada lagi bus atau tramway, jadi kalau mau maksain taraweh, harus siap-siap pulangnya jalan kaki dan sejam baru nyampe rumah. Maka dari itu gue cuma beberapa kali doang taraweh sejak di Prancis hehehe.

Kadang gue berusaha taraweh dirumah, tapi susah banget karna jam 23.00 biasanya gue udah ngantuk, kecuali pas lagi kumpul bareng anak-anak sini, mata gue tahan begadang ampe subuh. Entah kenapa. Gue biasanya kalo taraweh sama monika, pulangnya kita jalan, sepanjang jalan kita karaokean, karna jalanan sepi jadi kita bisa nyanyi sepuas hati.

Dan eh tau-tau udah lebaran aja, padahal gue masih selalu ngerasa kalau ramadhan baru satu mingguan, tanggal 25 juni kita sholat idul fitri di masjid yang sama buat taraweh, sholat dimulai jam 9 an pagi lalu dilanjut sama khotbah pake bahasa Prancis dan Arab, karna disini banyak orang Arab. 
Kelar sholat, orang-orang engga langsung pulang ninggalin masjid, rata-rata pada stay dulu sebentar buat saling ngobrol sama temen plus sambil nyemil kue-kue an yang disedian sama masjid.

Kesimpulannya, disini engga ada nuansa ramadhan sama sekali, karna memang muslim disini minoritas, tapi gue rasa, ramadhan bukan soal ada nuansanya atau engga, tapi soal perubahan yang terbawa di kita setelah semua lewat, ya ga sih? Heheheh

Eh tapi setelah pulang dari masjid, gue sama anak-anak PPI makan opor ayam di taman deket rumah. Alhamdulillah hehehehe. 
Apa lagi yah yang kurang gue ceritain? Nanti kalau ada tambahan gue bakal update lagi post ini deh. Oh iya maaf ya fotonya ala kadarny banget, gue engga ambil foto, gue nge video, jadi ini foto hasil capturean video yang gue ambil heheh.

Selamat lebaran semua, maaf telat, semoga kita bisa ketemu sama lebaran tahun depan, tahun depannya lagi, lagi, dan lagi.

You May Also Like

21 komentar

  1. Jadinya ingin buru2 lanjut ke luar negeri biar bisa ngerasain sendiri hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat yaaahh jangan patah semangattt, semoga basa buru buru ke luarr

      Hapus
  2. Selamat menikmati pengalaman berharga (bisa ramadan) di Negara lain. Menjadi minoritas di Negara Eropa itu membuat kalian makin teguh dan makin banyak teman. Ditunggu cerita selanjutnya tentang kota Caen hehehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe makasih masss, iyaahh ditunggu yaahhh ni baru ngapain draf" kemaren nihh hehe

      Hapus
  3. Aamiin.. aamiin bisa ketemu sama Ramadhan dan lebaran yang berikut-berikutnya lagi.
    Gue juga barusan kepikiran gimana kalo gue puasa dan lebaran ga sama keluarga. Terus gue ga bisa mudik. Rasanya pasti pedih abis. Tapi ya namanya juga perjuangan untuk masa depan lebih baik, ya kan?

    Jadi minoritas emang ga enak ya. Harusnya manusia-manusia songong di sini sesekali "dihukum"jadi minoritas di negeri orang, ya. Biar makin sadar diri ga congkak sombong di negeri sendiri doang hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rad, justru gue engga ngerasa pedih lho hahah krn temen temen gue disini seru abis jadi ya Alhamdulillah terobati lah yaa

      Ho oh ideem guee

      Hapus
  4. di prancis apa juga tau kasus biskiat mbak? kok tau bahasa sok iye juga sih hahaha

    alkhamdulillah ya, masih bisa ngrayain ramadan walaupun ngga bareng keluarga. temen-temen di perantauan yang ngga bisa pulang pasti juga ngrasain yang sama kaya mbak rezki. maghrib jam 10 malem? ya allah, lama banget durasi puasanya.

    ngga ada acara muter-muter ke rumah tetangga yang muslim gitu mbak? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh biskiat apasih heheh aku kudet nihh

      Iya nih lama bettt untng engga panas bngt disini hehe

      Engga adaaa heheh ga kaya di Indonesia maahh

      Hapus
  5. Ya ampun. Cerita soal perjuangan mau tarawih itu nyess, Rez. Huaaaaaaaa. Ku jadi ingat Darma yang berguru ke Turki. Di sana waktu tarawihnya juga larut malam. Huhuuhu. Kalian hebrat bisa tetap tarawih walaupun nggak bisa seaktif waktu di Indonesia! :')

    Btw itu seru ya bareng Perhimpunan Pelajar Indonesia-nya~ Bukber gitu. Hmmm btw... Mohon maaf lahir batin ya, Rez. Maaf kalau ada salah kata dan salah canda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ihihihi maaf juga kalo ada salah canda ya chaaa hehe iya nihh aku brutau juga dharma ke turki waktu baca post kamuuu semoga sukses dia disanaa,

      Hapus
  6. Minal aidzin walfaidzin ya, mohon maaf lahir dan batin..
    Aamiin, semoga kita semua bisa berkumpul dengan lebaran berikutnya lagi, lagi, lagi...

    Pengalaman yang sangat berharga ini.. Salut sama yang bisa melaksanakan puasa di Prancis, meskipun berbeda jamnya, malah lebih lama. Tapi tetap bisa..

    Aku suka banget suasana duduk di rumput itu, serasa segar gitu pemandangannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mas kapan kapan main sini ntar kuajak ke taman itu hehe

      Hapus
  7. Salam kenal Rez, di pernacis jauh ya, puasanya lama banget jam sepuluh malem baru buka

    BalasHapus
  8. Iyanihhh heheh salam kenal jugaakk

    Iy resiko ngerantau nih��

    BalasHapus
  9. Berasa banget perjuangannya y mb puasa dr jam 4 sampe jam 22 mmm hebat pasti kangen Indonesia y mba hehehe
    aku jg meski di indonesia tarawehnya dirumah aja mb krn masi ada balita juga kesian klo malam2 keluar 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mbaaa kangen heheh makany ni mumpung lg libur kuliah jdi aku ke Indonesia bentar

      Wah iyaa kalo anak kecil apalagi balita ga bisa dibawa ke masjid ya mba heheh

      Hapus
  10. wih, keren abis. Puasa dan lebaran di negara semaju Perancis. Kalau di Indonesia, anak kosnya pasti nyari takjil gratis dulu.. gak kepikiran tuh belanja di carre4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iyaaa tuhh, gue juga bakal gitu kalau di Indonesia, tapi apa dayaaa disini susaahhh🤣

      Hapus
  11. Penuh perjuangan dan kalo kita resapi dengan ikhlas rasanya tetep Indah ya Mba.. Wow, waktu puasanya mantep, yg di Indo lebih cepat aja kadang masih banyak yang ngeluh. Menginspirasi banget Mba.

    oy salam kenal ya hehe

    BalasHapus
  12. baru mampir kesini lahi setelah sekian lama.
    wow mantap syekali 04.00-22.00. selesai tarawih pukul 01.00
    tapi nikmat sih dapat pegalaman tak terlupakan pasti bisa ngerasain puasa di luar, aku jadi remah-remah banget kalau inget awal-awal ngerantau dulu banget ngeluh puasa beda kota, lah ini beda negara.
    semoga bisa nyusul ah, ngerasain puasa di luar negeri.
    maaf lahir batin, Rez. seoga lancar urusan di prancis ya

    BalasHapus
  13. Aku baru baca ini, telat bgt, dan lgsg ngerasa, "yaampun, gila basi bgt sumpah gue" :'D

    Pengalamanmu cerita soal ramadhan dn lebaran di perancis seru bangeettt, Rez! Gak heran banyak yg demen :D Jd biarpun kita yg gak bisa ke perancis, tp bsa ikut merasakan suasananyaaa.. Dan bisa ngebayangin ada di sana. Udah indah kok. Wkwk.

    Jam sahurnya sama ya jam 4 juga. Cuman buka puasanya ituu... Trs gue gak kebayang waktu tidurnya jd begimana.
    Eh, di sana ada carrefour jg yak? #norakdey
    Alhamdulillah, kalau msh ada temen buat berbuka puasa, sahur, dan trweh bareng, jd gak ngerasa sendiri bgtlah :D
    Pemandangannya cakeep bgt, Rez. Apalagi yg di danau ada jmbatan (atau apa ya dsbutnya?) gtu. Kayak di luar negeri! *LAH EMANGNYE??
    Di Indonesia kyaknya ga ada deh? atau ada yak? Au dah..

    BalasHapus