Sayang, tapi lupa sayang : Sekolah jauh atau kumpul keluarga?

Tulisan ini bener-bener opini pribadi dari gue dan sangat subjektif sekali, jadi gue yakin pasti akan ada beberapa orang yang beda pendapatnya. Tulisan ini terinspirasi pas gue cerita-cerita sama si Yola beberapa waktu yang lalu.

Sebagai anak rantau yang ngerantaunya kejauhan, kalo kata beberapa orang. Waktu itu, gue sama yola ngobrol-ngobrol soal kekangenan kita sama orang tua, sama Indonesia. Doi bilang, sayang aja kalau kita sekolah jauh-jauh, bertahun-tahun, terus balik ke Indonesia tapi taunya orang tua udah engga ada, *naudzubillah sih*.

Iya juga sih ya, sayang, kita sekolah jauh-jauh tapi  kehilangan momen kebersamaan sama keluarga yang pada dasarnya kita butuhin. Well, buat gue pribadi, sama kaya kita butuh pendidikan, kita juga butuh keluarga.

Dialog hari itu engga lama, bener-bener cuma sekedar curhat colongan, tapi esok hari setelahnya dan bahkan sampai sekarang, gue terus mikirin hal ini, curcol yola ke gue bener-bener thought provoking banget.

Gue punya banyak temen yang engga berani sekolah jauh karena engga mau jauh dari orang tuanya, lalu apakah orang yang sekolah jauh-jauh artinya kurang sayang sama orang tua? Hmm, well, gue selalu bilang ke orang tua “Mah, bah, kiki sekolah jauh mau nyari ilmu sebanyak-banyaknya biar bisa jadi “Orang”, biar bisa bikin kalian bangga",  tapi kadang kalau dipikir-pikir lagi ya, gue sekolah jauh, ngabisin duit orang tua, belajar kadang masih males, apakah yang gue lalukan sejauh ini sudah benar-benar pembuktian rasa sayang? Jawabannya sampe sekarang masih ngambang.

Salah satu kerabat orang tua gue di Banjarmasin, punya cara sendiri untuk menunjukkan kalau mereka “Sayang” ke anaknya. Sedari SMP semua anak-anaknya udah ke daftarin ke boarding school di pulau Jawa, beberapa tahun setelahnya, si ibu meninggal tapi bahkan sampai sekarang, semua anak-anak itu masih tinggal jauh dari orang tua tunggal mereka.

Bukankah hal kaya gini keliatan ironis banget? Para orang tua beramai-ramai nyekolahin anak mereka (yang padahal masih kecil) jauh-jauh, tapi lupa bahwa kebersamaan keluarga juga hal yang penting, kata nyokap gue, sesukses apapun lo, setinggi apapun karir yang udah dicapai, tapi kalau orang tua lo engga bisa menyaksikan itu secara langgsung, kurang puas rasanya, kurang berasa feel nya.
Dosen gue, si monsieur Piot, pernah ngasih tau, kalau sarana pendidikan itu ada 3 tingkat, tingkat pertama itu keluarga, lalu baru sekolah formal dan yang terakhir masyarakat.
Di mata kuliah psychologie developpement, gue pernah belajar tentang anak umur 10 tahun yang ditemuin di hutan oleh *gue lupa abis nama psikolognya*,  si anak ini literally engga bisa ngapa-ngapain karena dari bayi hidup sendiri dalem hutan. Dia dilatih sama si psikolog ini untuk belajar ngomong, makan, diajarin berperilaku layaknya manusia, tapi pun pada akhirnya dia tetep engga bisa ngelakuin itu, ya karena dari bayi ini anak bener-bener hidup sendiri tanpa keluarga di dalem hutan.

See? Udah kebayang kan betapa pentingnya peran sebuah keluarga dalam kehidupan seseorang. Tapi kenapa, ada orang tua yang bahkan berani masukin anaknya ke pesantren, padahal anaknya sendiri masih SD? Apakah para orang tua ini lupa kalo kebersamaan keluarga juga penting? Apakah bentuk rasa yang mereka bener-bener udah “Bener” ?.  Silahkan kalian simpulkan sendiri

Kalau dari gue sih konklusinya sederhana ya, posisikanlah gue misalnya sudah menikah dan punya anak, gue yang akan memilih untuk tanggung jawab sama pendidikan anak-anak gue kelar, dalam artian, gue hanya akan serahkan mereka ke sekolah Cuma dari jam 7 pagi sd siang, sisanya, tugas gue dan suami yang harus ngedidik, ngajarin manner, attitude dan segala tetek bengeknya. Setelah mereka lulus SMA, baru dah gue lempar mereka ke tempat jauh, biar “Dunia” yang ambil alih tugas buat ngedidik anak-anak gue. Asiiikk

Karena, ilmu dan pengalaman itu bertebaran dimana-mana, mereka berada diluar pintu, dua hal yang menurut gue akan bisa kita dapatkan dengan banyak ketika kita berani keluar rumah, terlepas itu jauh ataupun dekat. 




You May Also Like

46 komentar

  1. Sedih sih kalo lagi jauh terus ortunya kenapa kenapa gak bisa dateng. Duh.

    Setiap orang punya cara tersendiri untuk mendidik anaknya itu biasanya tergantung kondisi ekonomi ataupun tradisi keluarga. Kita gak bisa bilang itu baik atau buruk. Karena pendapat orang itu beda beda.

    Kalo aku boarding school waktu SMA dan kuliah di luar pulau. Rasanya jadi seperti mempraktekkan apa yang telah diajarin di lingkungan 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, idem. Ada kerabatku yg engga diijinin ortunya sekolah diluar kota, ada lagi kerabatku yg lain yang malah diwajibin pergi jauh sama orang tuanya rum. Relatif yaaa 😁

      Hapus
    2. Iya relatif banget!! 😁

      Tapi keren juga itu kerabatmu yang ngewajibin pergi jauh? Tandanya percaya anaknya bisa mandiri dan belajar berperilaku di masyarakat terlepas dari pengaruh dari ortu. 😁

      Baca komentar Icha jadi mikir gimana pendidikan yang baik buat anakku di jamannya entar.. 😅

      Hapus
  2. Enggak ada yang salah. Dari berbagai prespektif, keduanya benar.
    Tidak ingin jauh dari keluarga, pun dengan pergi jauh untuk menuntut ilmu.
    Kedekatan dengan keluarga juga bukan perkara mudah. Toh, mengeyam pendidikan bersama keluarga tidak menjaminnya bukan?

    Hanya satu hal, manner dan attitude yang sudah tertanam sejak lahir dari keluarga lah yang akan dibawa oleh anak tersebut. Kemana pun ia 'kan pergi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang arif makasih pencerahan dan opininya, suka bngt.

      Iya aku juga setuju kalau mengenyam pendidikan bareng keluarga engga menjamin, krn ilmu dan pengalamanbertebaran dimana mana. Dan alasan ini yang bikin keduanya benar kan? Hehe

      Hapus
    2. Iya, terlalu menjustifikasi dengan menggeneralisir suatu hal itu kurang baik. Sebab, kita nggak tau background setiap orang yang 'terlihat' nggak sayang dengan keluarganya. Tapi udah pasti, keluarga yang mampu mendidik anaknya dengan baik pasti tercermin dari anaknya. So?

      Hapus
  3. Haha, setiap pilihal selalu ada resiko sih menurutku. Dan sementara aku juga ada diposisi kayak yang km rasain ki, bedanya km terpisah negara kalo aku sih masih terpisah kota. Cuman terkadang aku juga mikir keras kalo obrolannya sampai yg kayak teman km bilang "sayang aja kalau kita sekolah jauh-jauh, bertahun-tahun, terus balik ke Indonesia tapi taunya orang tua udah engga ada". Itu rasanya nyesek banget dan pastinya setelah itu bikin takut yang berlebihan :')

    Memang sih kebersamaan keluarga memang sangat penting, kalau udah jauh dari orang tua baru kerasa kangennya. Rasanya tuh saat saat gak bisa ngumpul sama keluarga, aku pengen banget satu hari aja minta waktu buat kumpul mereka. Dan disisi lain saat kita jauh dari keluarga kita lebih mandiri, lebih menghargai waktu kebersamaan. Ya, intinya sih kita harus banyak belajar aja hal hal positif yang kita dapatkan saat jauh dari keluarga. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya fat. Ya kalo menurutku sih semua ada plus minus nya. Sama kaya yg dibilang arif diatas. Keduanya engga salah. Dan juya tetep stay disisi keluarga engga menjamin kita bakal punya segudang ilmu dan pengalaman. Krn meburutku ilmu dan pengalaman engga akan masuk ke pintu yg kita punya kecuali kita yang milih untuk keluar pintu. Pergi keluar, terlepas itu jauh ataupun engga.

      Hapus
  4. Persoalan di atas itu menurutku adalah soal bakti. Yakni sang anak ingin berbakti kepada orangtuanya, baik dalam rangka membalas budi maupun sebagai perwujudan rasa cinta. Keinginan ini adalah akibat dari pendidikan timur atau tradisional.

    Sementara di sisi lain, ia ingin tetap bersekolah tinggi dan menjadi orang sukses ke depannya. Ia percaya, dengan cara itu ia akan bisa membuat orang tuanya senang, bangga, dan bahagia. Ini adalah sesuatu hal yang diajarkan oleh konsep pendidikan Barat atau modern.

    Untuk menjawab persoalan itu, ada satu ukuran yang bisa dijadikan pegangan. Yakni bagaimanakah kondisi orang tua saat ini (pemikirannya, fisiknya, perekonomiannya, dan psikisnya).

    Jika orang tua ybs masih menganut paham ketimuran, maka yang diperlu dilakukan sang anak adalah segera membersamai orang tuanya. Apalagi jika kondisi fisik, ekonomi, dan psikis orang tua sudah tidak memungkinkan untuk ditinggal.

    Namun jika yang terjadi adalah sebaliknya; orangtua menganut paham modern, kondisi fisik, ekonomi, dan psikisnya masih sangat memungkinkan untuk ditinggal, maka anak bisa dengan bebas menuntaskan cita-citanya.

    Soal umur, kan relatif juga. Bisa jadi malah sang anak yang mendahului orangtuanya. Ya 'kan? 😂😂

    Atau kalaupun orangtuanya meninggal sebelum melihat sang anak sukses (wisuda atau kaya), apakah itu artinya orangtua kita benar-benar tidak bisa menyaksikan dari alam lain?

    Ini juga kita tidak tahu.😔😔

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul banget, aku setuju banget kalo soal pergi atau stay di sisi keluarga juga ,patokannya adalah kondisi orang tua,

      tapi sekali waktu aku jugap ernah ketemu kasus oranng tuay ang menganut faham modern tapi sayang terekendala di ekonominya,

      iya soal umur kita engga ada yang tahu wheheh

      aku yakin orang tua pasti tau soal itu, hanya saja kadang kan kita sebagai manusia apalagi kalau udah bisa nyentuh "Goal" pasti akan ngerasa "Lebih" seneng kalau seandainya ortu juga ikut ngerasakan ngesengenan kita itu secara langsung, whehe

      Hapus
  5. Dalem nih postingan. Daleeeeeeem. Daleeeeeeeeeem. Kalau postingan ini boleh dikasih genre, mungkin genrenya.... parenting. Dan rasanya aku pengen nimbrung di antara kamu dan Yola. Huahahaha.

    Res, aku juga pernah mikir gitu sih. Mikir.... mikir gimana ya. Aha. Mikir ntar anakku mau aku apain? Maksudnya, akunya yang nggak sekolah tinggi-tinggi kayak orang, apa aku mau nerapin kayak gitu ke anak? Jawabannya sih enggak, aku pengen anakku sekolah tinggi biar nggak kayak emaknya yang begajulan ini. Tapi apa aku bisa ngelakuin lebih dari yang orangtuaku lakuin ke aku selama ini? Apa aku bisa kasih pendidikan di rumah sejak dini di rumah buat anakku? Apa aku dan suami bakal bisa kompak membina anak-anak kami? Pikiran-pikiran itu seringkali ngeganggu juga sih. Apalagi gimana ya... aku juga mikir apakah nanti aku bakal kerja terus? Anakku gimana kalau emak bapaknya kerja? Siapa yang ngedidik dia selain sekolah? Huhuhuhuhuhuhu berat.

    Suka sama tulisan kamu, Res. Selalu suka. Selalu jujurlah dalam menulis kayak gini ya! Semangat ya sekolah jauhnya! Love youuu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambahan: Ngebayangin hal itu aja pas kalau misalnya anakku sekolahnya masih nggak sampe jauh-jauh atau di pesantren. Apalagi kalau jauh. Tapi ya.... aku setuju sama kalimat terakhir di postingan kamu. Aku jadi mikir kalau rasa sayang orangtua ke kita itu bisa ditunjukin dengan rasa percaya mereka ke kita saat kita jauh dari mereka. Percaya kita baik-baik aja. Percaya kita banyak belajar dari pengalaman tinggal di tempat jauh. Karena khawatir nggak selalu baik. Ya gitu deh. Semoga komenku nyambung ya, Res. :)

      Hapus
    2. "apa aku bisa ngelakuin lebih dari yang orangtuaku lakuin ke aku selama ini? Apa aku bisa kasih pendidikan di rumah sejak dini di rumah buat anakku? "

      Bisa cha, bisa, asal yakin dan percaya, eaaa, aku tau betul orang tua ku udah ngasih lebih dari yang dikasi orang tua mereka ke mereke (ortuku) *eh belibet bngt wkkw*

      kalau soal kerja, aku juga engga mau jadi ibu rumah tangga cha, maka ari itu sejak mulai kuliah aku udah mulai concern tuh mikin cara manajemen waktu dulu, dari mulai belajar, dan bertemen dulu, walaupun masi keteteran sih wkwk


      komenmu nyambung banget, aku selalu respect banget sama orang yang mampir kesini dan komennya bener bener dari hati whehe aku sellau tersentuh, ada orang yang mau baca tulisanku dan kahirnya juga beropini dan ngasi feedback , jangan bosen mampir sini ya chaaa

      Hapus
  6. Setiap pilihan ada resikonya si 😊 Keluarga memang penting, terutama orangtua kita, tapi orangtua juga tidak akan selamanya ada menemani. Anak butuh diajar mendiri sekaligus berbakti dengan orangtuanya. Jadi yaaaa... *ngambang* #plak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba aku srtuju banget, karena semuanya pasti akan pergi perlahan lahan, maka dari itu kita perlu terbiasa mandiri, tos dulu mbaaa

      Hapus
    2. Setuju banget sama Mba Dweedy. Jadi sedih ingat keluarga :')

      Hapus
  7. Apapun yang terjai ke depannya itu misteri. Kita boleh menuntut ilmu jauh dari keluarga, yang terpenting adalah tetap berkomunikasi :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan saampai jadi kacang yang lupa kulitnya, begitu ya massss wheheh

      Hapus
  8. Wup. prancis..
    hehee, salken. Kunjungan pertama nih, semoga aja sering-sering kalo nggak lupa :p
    Ada notif pengikut google tapi kok, tenang aja hehe..

    btw, sama sih kayak pikiran gue ketika kuliah di jogja.
    jauh dari orang tua memang sulit, tapi gara-gara keinginan gue juga yang mau jauh-jauh ke jogja (ngak jauh ding, naik kereta sejam juga sampe). orang tua nggak lulus sd, dan gue nggak mau dong ngecewain mereka. kakak perempuan udah sarjana dan gue nyerah gitu aja masak. hehe

    dilema sih.
    ngakalin kalau jauh biasanya bertukar kabar sesering mungkin kalau gue. orang tua yang nggak bisa main gadget ya gue ngimbangin nelpon/sms. ya memang kuliah di kota sendiri bareng orang tua tetap bakalan jadi sarjana, namun sisi buruknya kita jadi nggak bisa nginjakin kaki sendiri. mandiri.

    btw, kalau di jogja banyak orang-orang yang belajar bukan dari keluarganya, malah masyarakat dan keluarganya yang jadi pertama. contohnya banyak pekerja seni di sini yang ngak lulus smp, namun karya mereka banyak yang dihargai turis-turis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahhh iya lah sering sering mampir sini weheh, gue dulu sempet di Jogja setahun buat kursus bahasa *ga ditanya

      iyah gue setuju baanget,,,gue di Jogja sendiri, cuma setahun, tapi dapet pengealaman yang kayaaaaa banget menurut gue, terutama dari orang orang disana,

      semoga kita terus semangat kuliahnya yaa, tos dulu dong sesama anak rantauan hehe

      Hapus
  9. Yak betuul! Setuju! Wah calon istri terakreditasi nih. Hahaha. \(w)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaannya, lo faham ga maksud yang gue omongin :P

      Hapus
    2. Waduh.. Jangan main2 kamu ya. Jelas tidak. *digampar hahahaha ampun.

      Hapus
  10. Tak ada salahnya kalau kita ngejar cita-cita, seperti cari ilmu jauh. Memang, dengan begitu jadi jarang ketemu keluarga, tapi bukan berarti tak bisa kasih kabar sama sekali. Aku sendiri tetap berusaha kontak dengan orangtua. Bisa lewat pesan singkat, telfon ataupun yang lainnya. Aku rasa saat ini akan lebih mudah untuk masalah komunikasi.

    Aku juga merantau, adek, ibu dan ayah semuanya berpisah. Maksudnya, aku di Jogja, adek Bekasi, bapa depok dan ibu di rumah (ciamis) dan aku punya jadwal tersendiri untuk selalu telfonan bersama, digabung gitu. Maksimal satu minggu sekali lah..he

    Kalau lagi gak telfon, tentu doain orangtua setiap shalat. Aku yakin jarak jauh sekalipun, doa akan sampai. Apa yang disampaikan teh Kiki ini. Aku panggilnya kiki aja ya..hehe. Lanjut, yang disampai di tulisan ini sama seperti adeku yang sejak SMP sudah di masukan ke sekolah yang jauh jaraknya dari rumah.

    Bukan tanpa alasan sebenarnya, orangtua juga pengen anak-anaknya pinter. Kebetulan aku dan adek sekolah jauh dari rumah itu pilihan sendiri, orangtua hanya kasih pilihan, kami yang menentukan. Aku juga meyakinkan kalau jauh dari orangtua ttp baik-baik aja. Karena aku sudah punya bekal yang sejak kecil orangtua ajarkan.

    Memang setiap pilihan itu ada resikonya, terlebih rintangan yang dihadapi. Tapi itu semua pasti ada solusinya. Diluar sana tak sendiri, bakal ada teman yang sama dengan kita meninggalkan keluarga demi cari ilmu.

    Aku selalu berusaha dimanapun berada untuk selalu berbuat baik seperti apa yang sudah diajarkan orangtua sedari kecil. Kebetulan aku dekat dengan ibu, bukan berarti dengan ayah gak. Maksudnya lebih dekat, misalnya kalau masalah curhat lebih seringnya ke ibu. Apapun itu, karena setiap masalah gak selalu bisa dipecahkan sendiri selain, makanya aku sering minta solusi sama ibu..hehe.

    Soal umur kita gak ada yang tau, yang jelas tak pernah henti-hentinnya mendoakan, berbuat baik dan mengumpulkan bekal disaat pulang nanti. Apalagi di bulan yang suci ini, sangat bagus.

    Aku percaya banget doa orangtua, khususnya ibu serta ridhonya itu sangat berpengaruh sekali. Maka dari itu, selagi orangtua masih ada, bahagian mereka. Satu hal yang bikin aku semangat, ibu selalu bilang, "Kamu pasti bisa"..

    Semakin hari aku merasakan begitu berharganya orangtua, yang sedari anaknya lahir hingga dewasa terus membimbing dan mendidiknya dengan baik.

    Aku setuju dengan teh Kiki, peranan orangtua sangat penting memang dalam urusan mendidik anak. Terlebih lagi seorang ibu. Karena ibu itu adalah madrasah pertama untuk anak-anaknya kelak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun aku setuju banget, yang namanya doa orang tua itu manjurrrr bangetttt dan yang namanya rasa sayang makin ketara jugaaakkk

      Pokoknya kalau udah ngomongin orang tua mah engga ada habisnu deh ya mas, panjang ceritanyaaaa hehe

      Btw aku dulu sempat tinggal di Jogja , tos dulu donggg kitaaa 🖐

      Hapus
  11. Iya juga, ya. Ada yang dikorbankan kalau sekolah/kuliah jauh. Waktu bersama keluarga yang berharga itu. :(

    Tapi kalo kesempatan belajar ke luar negeri (misalnya lu nih) nggak diambil, sayang juga, kan. Ngerelain beasiswa misal. :(

    Kudu lihat dari berbagai sudut pandang nih. O iya, tapi kadang gue bingung soal pola pikir di mana si anak yang harus lebih baik dari orang tuanya. Kalo orang tua sampai S3, anak harus S4 gitu? :( Hal lebih baik itu nggak cuma dari pendidikan, kan. Dan kayaknya susah. Anak dan orang tua meskipun satu darah, tentunya tetep beda sifat atau karakter. Takutnya kalau orang tua nyuruh seperti itu, nanti jadi beban bagi si anak. Heheh. Komen apa dah ini gue. Aduh.

    Btw, kalimat "sangat subjektif sekali" itu malah pemborosan, Ki. Jadi pleonasme gitu haha. Sangat subjektif udah cukup. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyahh, kalau buat gue pribadi, setiap kesempatan yang ada, apalagi yang engga disangka bisa "Ada" , lebih baik diambil dong yaa.

      ya engga sampe ke S4 gitu juga kelesssss yogggg hhahahahha, lu mah mikirnya kelebihan nihhhh hahaha.

      pokoknya apapun yang terketik di tangan gue ini biasanya berebihan, tanpa gue sadari, mohon dimaafkan soal ke sangat subjektifan ini hahahaha

      Hapus
  12. masing-masing pilihan punya keuntungan dan risikonya sendiri. keluarga pun begitu, apalagi tentang menuntut ilmu yang mana baik bagi dunia dan akhiratnya. dulu ada seorang lelaki kenalan sahabat rasulullah yang sangat baik dan tinggal berdua dengan ibunya. suatu ketika, si anak dapat kesempatan memperdalam ilmu ke tempat yang jauh, dengan terpaksa, si ibu melepaskan si anak pergi. namun setelahnya, hanya ratapan yg didapat si ibu. karena restu ibu merupakan restu allah, di perantauan, si anak mengalami musibah, yang akhirnya membuat si anak cacat dan dipulangkan. ketika si anak sampai ke rumah ketemu ibunya, ibunya bahagia seklaigus sedih. bahagia anaknya kembali, namun juga sedih dengan keadaannya.

    saya lupa kesimpulan lengkapnya yang diajarkan guru saya, tapi intinya, sebagai orangtua, ketika si anak sudah bisa mantap berdiri, siap menuntut ilmu lebih jauh lagi, si orangtua mestinya meridhoinya. agar anaknya dapat keberkahan. dan untuk si anak, jika bukan karena kebutuhan/keperluan yang sangat penting dalam berjuang, jangan pernah meninggalkan ibunya sendirian dalam waktu yang lama.

    dari itulah, harus dibicarakan baik-baik kalo memang harus dijauhkan demi ilmu, toh ilmu yg dicari juga berguna untuk kehidupan anak dan ibunya tersebut di dunia dan di akhirat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bangetttt aku juga waktu ijin sekolah jauh yg pertama minta di ridhoi dulu krn keadaan mendukung kaya gimanapun mau apapun kalau orng tua engga ridho itu bakal berat banget jalannya , waahh ayo certia in kisah lengkapny di blog mu dongggg, asikkk nih kayanyaaaaa

      Hapus
  13. Menurut saya pribadi, mengejar ilmu nan jauh disana bukanlah hal yang salah tapi yang benar-benar keliru adalah kita tidak menjaga apa yang sudah orang tua percayakan dan perjuangkan demi anaknya menuntutilmu setnggi langit.

    Memang benar sih, keluarga adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya. Dari sini merekamulai mengenal cara bersikap, membentuk karakter, dan mengenal dunianya. Tapi perlu diingat juga, sekolah adalah tempat mengembangkan diri lagi.

    Sebagai anak perantauan juga, saya terbawa suasana tulisan mbaknya. saya mengerti perasaan mbak kayak gimana. bukan saya ingin mengajari tapi sekedar saran tetaplah belajar, tunjukkan pada orang tua bahwa kita tidak sia-sia di tanah orang lain.

    Saya yakin orang tua pasti akan mengerti hal ini dan berharap anaknya bisa menyelesaikan pendidikannya dengan baik. Ayo mbak semangat terus, insya Allah keluarga mbak setia mendukungmu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mas idemmm banget, keluarga dan sekolah dua hal yang penting, tetep semangat juga buat masnya yaaaa

      Semoga kita semua bisa sukses lah di perantauan hehe

      Hapus
  14. Sebagai (bekas) mahasiswa perantau yang ngga merantau jauh-jauh banget dari rumah, pergi "keluar" rumah dengan tujuan kebaikan sih menurutku sah-sah aja mbak, apalagi buat nempuh pendidikan. asal kita bisa mengutarakan niat kita untuk belajar jauh dari rumah itu dengan baik, orang tua saya yakin akan mengerti dan bakal kasih dukungan buat anaknya :)

    nah, kalau masalah moment kebersamaan bareng keluarga mungkin bisa diakali sama telepon atau seenggaknya ngasih kabar lewat sms atau WA, dsb. apalgi sekarang kan udah ada fitur video call, tinggal angkat hp, mau ngobrol sama orang rumah juga gampang. yaaa, walaupun kadang sayang sama kuota / pulsa, tapi kan lebih berharga pas bisa ngobrol langsung bareng bapak-ibu-saudara.

    BalasHapus
  15. ini pengalaman sha banget sih, lulus sd terus tinggal di boarding school. nilai anjlok banget. dari sd yang selalu juara kelas langsung dapet ranking 20! sempet ngerasa kaya dibuang dll. Tapi sekarang sadar kalo keputusan itu supaya sha juh lebih mandiri. Well, dari pengalaman sendiri sha nyaranin kedua adik tidak boleh boarding school juga. Dan baru jauh dari rumah pas kuliah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue setuju, karna sepupu gue juga diperlakukan sama kaya lo, dengan niatan agar mereka lebih mandiri sejak dini, begitu kata om gue. sama yang kaya gue komen dibawah, hal kaya gini relatif banget yaaaa hehehe,

      semoga sukses selalu kuliahnya shaaaa :D

      Hapus
  16. Hmm, dalem jg ya kii ini postingnnya... Bingung mau komen gmna :'D

    Emg sih, dlm mencapai suatu tujuan hrs ada hal yg dikorbankan :') Ya, kita hrs milih salah satu, gabisa kduanya.
    Yg penting ttep kontekan sm ortu jgn lupa, biarpun gak ktmu tiap hri (bahkan smpe brtahun2 kmudian) seenggaknya dgn mghubungi mereka, sering nelpon atau minimal lwt chat, rasa kgn kita bsa sdkit terobati :)
    Hmm, klo aku sndiri dri ortu dan kluarga gaboleh namanya skolah jauh2, jgnkan kluar negri, ke luar kota ngekos aja gak boleh.. Ya, kdg gue mmaklumi mgkin itu tanda sayang mreka ke gue. Trlebih lg gue anak satu2nya. Kdang gue ngerasa pgn sih tau dunia luar gtu, jauh2, tp ya kdang gue trlalu males buat berusaha mncapai apa yg gue mau. :'D Hehee,
    Btw, mamaku malah krja d malaysia dri aku smp. Jd kita LDRan smpe skrg, nelpon dn chattingan hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya luuuu,, itu yang aku lakuin juga sejak ngekost, malahan, sejak ke luar Indonesia, intensitas kontak-kontakan malah jadi sering,

      iya, gue juga punay temen yang kasusnya sama kaya lo, menurut gue memang engga semua orang tua pynnya cara pandang yang sama, dan engga mungkin sama juga, makanya hal hal kaya gini sebenarnya relatif banget sih ya, btw gue juga anak satu satunyaaa, tos dulu dong kkita nihhhh hehehe

      wahh semoga mamanay sehat selalu ya luuuu

      Hapus
  17. aku pas kuliah jauh dari ortu mba tapi disitu aku akhirnya belajar susahnya nagtur hidup sendri, ngehargain banget yg namanya uang bahkan ibuku meninggal dan aku ga ketemu buat terakhirnya tapi dari situ aku belajar mendewasakan diri untuk bisa mandiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhhh,,iya aku juga ngalamin hal yang sama, ngerasain ngatur duit sendiri, ngatur hidup sediri dll itu susah banget mba, tapi Alahmulillah orang tuaku masih ada, semoga ibunya mba tenang disana dan orng tua ku di panjangkan umur selaluuu

      Hapus
  18. Emak babe gw mah ngelepasin gw mau sekolah kemanapun. Bebas....

    Makanya gw udah terbiasa loncat sana-loncat sini buat sekolah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya orangtua gue juga, selama duit mereka masih cukup mereka juga bebasin gue kemanapun hahaha,

      ohyaa? udah loncat-loncat kemana ajaa nihhh? hehehe

      Hapus
  19. Halo mbak, ini pertama kali saya main kesini. Salam kenal sebelumnya.
    Hm, kalau masalah seperti ini sih sepertinya tergantung, balik lagi ke visi keluarga itu, apa yang dijadikan tujuan. Karena kalau hal-hal kayak gini kan pasti ada banyak pertimbangannya hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mas salam kenal juga yah semoga engga bosan mampir kesini lagi yahhhhh,

      iyah seperti apa yang dikomen oleh beberapa orang sebelumnya :)

      Hapus
  20. ini pertamakalinya mian ke blog km, hehe pas baca ceritanya seneng banget kamu mikir dari banyak sisi. Menurutku selama orang tua oke go a head. Aku bahkan bangga sama kamu loh bisa jauh dan berani ambil keputusan untuk merantau. Gue boro-boro waktu harus praktek di luar jakarta aja kelimpungan jauh dari orang tua, ga ada Mbak hahaha
    Btw kamu jurusan apa sii?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo salam kenal yahhhh, semoga km engga bosen main kesini, ditunggu kedatengan kamu di post aku berikutnya yahh,

      gue jurusan ilmu pendidikan murni hahaha

      Hapus
  21. Ki kok blog kamu aku buka via tab kebacanya separuh halaman ya, mmmm coba deh ceki cwki settingan xixii

    Aku dulu termasuk yang dieman eman banget ama ortu, maksudnya karena lamaan jadi bungsu jadi pas smp ama sma dimasukkinnya swkolah yang deket rumah, tapi lepas kuliah barulah mereka percaya anak perempuannya ini bisa dilos jauhan dikit, yang penting klo kitanya jauh apalagi sampe beda negara ya kita punya tameng slias bisa jaga diri sesuai dg budaya ketimuran sik

    BalasHapus
  22. Hmm.... Ini sbnrnya juga terjadi di aku.. Tapi stidaknya aku jauh dr ortu sejak smu sih.. Tk ampe smp msh ama ortu.. Cm jujur aja nih mba, hubunganku ama ortu dulu itu bisa dibilang ribut trus. Susah sepaham kita.. Ortu ku strict banget, sementara aku di umur segitu kurang bisa nerima kalo dilarang tp ga dijelasin alasannya kenapa. Makanya pas aku disekolahin di alazhar medan yg pake asrama (ortuku di aceh), aku seneng banget. Trs kuliah di kirim ke penang, makin seneng deh. Dan ajaibnya, hubungan kami malah membaik, walopun lwt telp komunikasinya. Tp stidaknya kita bisa ngobrol akrab. Ga perang kyk sebelumnya :D

    Skr, aku merantau k jkt, msh jauh dr ortu, tp hub kami msh ttp baik. Jd mungkin utk sebagian orang, trutama, lebih baik jauh tp kita saling kangen dan bisa komunikasi lancar, drpd dekat cm ribut terus :p ..

    BalasHapus