The komplainers


Postingan ini terinspirasi dari kisah gue sendiri sih yang tanggal 1 juni kemaren waktu gue pulang ke Kalimantan, Banjarmasin lebih tepatnya. Jadi begini...
Waktu gue dipesawat ada beberapa kejadian yang bikin mood gue turun, oke gue ceritain dulu yah kejadian nya.
Sebelum gue pulang, gue dikasi uang buat beli tiket pesawat, disitu gue boleh milih maskapai yang gue mau, makin murah tiket yang gue beli, makin banyak stok duit jajan gue, dan sebaliknya, makin tinggi harga tiketnya, makin dikit pula duit sisanya. Pun akhirnya gue pilih naik si **** karna sisa duitnya mau gue beliin sepatu. Btw gue pulang ga bawa koper, cuma ransel 1 *Padahal anak-anak kost tempat gue pada bawa koper semua :| . Jadi tas gue taruh di kabin, pas di pintu masuk pesawat, tas gue itu hampir jatuh, salah gue sih ya harusnyaa tas gue pasang yang bener, gue cuma jinjingin di tangan sebelah kiri. gue rada kesusahan benerin karna tangan gue yang satunya bawa plastik oleh-oleh, and did you know? pramugari yang jaga didepan pintu cuma liatin dengan ekspresi datar ga bergerak sama sekali wkwkwk. 
 Kedua, waktu gue udah duduk, ada mas-mas disamping gue yang ga bisa naruh ransel-nya di kabin karena kabin udah full, trus akhirnya dia bawa duduk dah itu tas dan ketika salah seorang pramugari ngeliat, si pramugari langsung nyuruh masnya itu naruh dikabin lain yang jaraknya yaa hampir ditengah pesawat, masalahnya adalah dia pas ngomong tuh dengan tampang yang ga ramah banget, kaya judes gitu, aduh gue cuma geleng-geleng kepala lah.
Ketiga, pas mau landing dia ga mulus banget, jadi getarannya (bener ga bahasanya?) kerasa banget, itu pesawat kaya naik turun terus goyang kanan kiri, kaya senam disekolah :(  Sebelum itu pas ditengah perajalanan pesawat juga mengalami goncangan karena cuaca yang kurang baik, akhirnya gue jadi mabok, udah ga sahur, terus badan di obok obok, sumpah gue pusing dan pengen muntah rasanya, ini pertama kalinya gue naik pesawat sampai kaya gini banget.
Gue inget banget selepas landing, akhirnya gue makan di dunkins sambil nunggu jemputan (karna gue dah lemes plus mual banget), disitu gue nelfon cowo gue yang isi ceritanya cuma komplain komplain dan komplain. Bahkan itu berlanjut sampai beberapa hari setelahnya, isi komplainnya disponsori oleh cuaca Banjarmasin yang panas banget, ditambah lagi di tempat gue listrik padam tiap hari dan hampir selalu di jam 2 siang. Ya begitulah pemirsa....

Sampai suatu ketika gue teringat bahwa gue pernah bikin status di facebook yang isinya gini :



Tapi apakah komplain dan mengeluh itu selalu memberikan dampak negatif? Walaupun penurut penetilian dari Stanford university yang pernah gue baca di sebuah artikel, mengatakan bahwa komplain dan mengeluh selama 30 menit setiap hari, bisa merusak salah satu bagian otak seseorang, gue rasa gak selamanya komplain itu membawa dampak negatif, asal dilakukan dengan cara yang benar (In sha Allah akan gue bahas dilain waktu soal ini). Bukan dengan cara yang kaya gue lakuin waktu selepas landing itu, Harusnya gue komplain ke pihak maskapai nya langsung, yang ada malah gue ngeluh, komplain dsb ke cowo gue yang pada dasarnya ga punya power buat nge fix-in itu semua. Kasihan sih dia mesti dengerin gue ngoceh hampir satu jam. LOL

Saat nulis tulisan ini, gue teringat tentang suatu kejadian ketika gue makan lalapan di sebuah restoran di Jogja, di kubisnya gue liat ada bagian yang kayanya dicuci ga bersih, dan disitu gue liat seekor ulat kecil, alamak. Komplainlah gue, gue angkat tangan, pelayannya dateng dan gue ngomong "Mas, ini kubisnya kayanya dicuci kurang bersih, dan disini ada ulatnya mas" kata gue dengan nada yang halus karna ga mau terkesan emosi bak raja. Dan respon masnya? Dia minta maaf plus kaya keliatan malu gitu. Ya walaupun gue ga dapet diskon karna itu (ngarep banget), but at the very very least, gue bisa berkontribusi walaupun secara kecil buat Resto mereka dengan mengatakan ketidaknyamanan gue dengan bener dan tanpa emosi, semoga aja itu mas-mas nya bisa ngasih tau ke sesama pelayann lain buat lain kali nguci kubis-ny lebih bersih.

Dan kejadian ini mengingatkan gue (lagi) bahwa dulu gue pernah baca sebuah artikel (lagi) yang bagus banget tentang "Untuk selalu merasa diuntungkan", yang gue rasa ada hubungannya dengan seluk beluk terjadinya komplain. Apasih maksudnya "Untuk selalu merasa diuntungkan" itu? Contohnya begini, ketika kita mengalami suatu kejadian, sebut aja kejadian B, kita cenderung mempertanyakan "Kenapa B, bukan A?" Tapi kita jarang bertanya "Kenapa B, kenapa bukan C?" Itu yang akhirnya bikin kita selalu ngerasa gak puas sama suaatu keadaan yang terjadi, karena kita selalu membandingkan sesuatu dari hal yang lebih baik dari itu.

So, coba lo hitung, seberapa sering lo komplain? dan apakah komplain lo tersalurkan dengan cara yang salah yang kaya gue laluin beberapa waktu lalu? Gue tunggu cerita lo di kolom komentar yaaa...

You May Also Like

30 komentar

  1. artikel yang bagus berselimut curcol yang sangat mendalam.

    komplain/mengeluh itu boleh, bukan manusia kalo tidak pernah komplain/mengeluh sama sekali. hanya saja yang dijaga itu adalah bagaimana cara menyalurkan sikap ketika kita komplain/mengeluh.

    ketika kita mengalami suatu kejadian, sebut aja kejadian B, kita cenderung mempertanyakan "Kenapa B, bukan A?" Tapi kita jarang bertanya "Kenapa B, kenapa bukan C?"
    >jawaban nya ada di ujung langit.



    XOXO

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup setujuuu. Komplain boleh tp caranya yg diperhatiin.

      Hapus
  2. Namanya manusia emang gitu ya,,
    kerja'anya komplain doang muehehe .
    Tapi emang sih rasanya kalo komplainin sesuatu itu enak banget,
    pas di komplain balik langsung murka ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh emang. Banyak dri kita doyan komplai tp ga tau cara konplain yg bener dan cara menerima konplain yang baik

      Hapus
  3. Kalau maskapainya begitu, siapa yang nggak ngeluh coba. Wajar banget kamu sampe ngeluh atau bisa dibilang curhat sama cowok kamu, Res. Nyebelin memang sih. :(((

    Tapi bener kata kamu, harusnya keluhannya disalurkan ke pihak yang punya power buat memperbaikinya. Misalnya yang kayak di resto itu. Tapi sebenarnya cowok kamu juga punya power sih. Yaitu power bikin mood kamu bagus lagi. Hehehehe.

    Aku termasuk orang yang hobi ngeluh. Sehari pasti ada aja. Tapi kalau udah ngeluh ke temen yang berkepribadian sanguinis, yang jarang ngeluh dan happy mulu, aku sering dinasehatin gitu sih jangan ngeluh. Jadi malu sendiri. Coba kalau ngeluhnya sama orang yang suka ngeluh juga, tambah parah deh ngeluhnya :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes caa. Ini buat pelajaran aja buat aku dan semoga buat kita semua sih ya bahwa mengeluh itu banyak ga baiknya

      Hapus
  4. Wkwkwk duuuh, aku mah jarang komplain ._. seringnya nyenyumin aja sambil nyinyiiiiir :p

    BalasHapus
  5. yuk rajin bersyukur riski.... kita mang diciptakan suka ngeluh... tapi abwa keluhnya doa dalam hati aja sama Allah yah.. karena setan lihainya minta amit bikin keluh kesah kita nongol di sosial media... gak ada yang perlu tau kel;uh kesah kita riski kecuali kita eh maksudnya diri sendiri... kalo kita mah tar ndak berumah tangga haseeh di gepruk pake knalpott bemo... oke cukup sekiand an terima kasihs elamat lebaran semoga hati amal diterima... aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wheheh iya mas. Sbenernya ini ditulis untuk ngasi contoh bahwa apa yg aku lakukan salah. Biar bisa jdi pelajaran buat yg lain hehe

      Hapus
  6. oh maskapai **** emang gitu dia mah
    *lah apaan anjay
    wqwq
    sebagai orang yang nga pernah naik pesawat, gue cuma manggut doang.
    ya wajar sih, kalau kita nga komplain, CS kerjanya apa dong. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang ntar lo juga bakalan nherasain ko secepatnya :P

      Hapus
  7. kayaknya emang bener sih, manusia pasti gak lepas dari komplain/ngeluh setidaknya dimulai dari bangun tidur sampai tidur lagi.
    Buat yang pernah naik pesawat saya bisa merasakan apa yang mbak rasakan, tapi ya bawa happy aja mbak, kalau peswatnya getar gitu ya udah ikuti iramanya dan bayangin lagi latih yoga buat tubuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh ga bisa gue bayangin lagi yoga wkwkwk beda rasaaaa. Tp klo diinget inget lucu juga si ekspresi gue waktu iitu

      Hapus
  8. kok judes gitu pramugarinya?? jangan2 mual juga kali, terus makan di dunkis juga haha. Gue sering bener juga complain, tapi secara diam-diam . biar yg dikritik gak malu. kan kalau kita complain di depan umum, kasian orang yang di complainin haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo nurut gue sih komplain di tempat umum ga masalah ko di. Tp dengan kalimat dan juga body language nya ditata sedemikian mungkin. Biar tetep menunjukan bahwa kalaupun kita komplain tp kita tetep menghargai orang itu.

      Wah seneng bisa ketemu lo bbrp waktu lalu. See you next time yaaa

      Hapus
  9. welll... kalau ane jarang komplain kecuali dengerin nyokap saya yang sering komplain sana sini dan imbasnya kesaya. Sederhana saja untuk mengurangi rasa komplain ini. Ada kiranya mbak baca buku psikologi tentang Murphy Law yang bisa menjawab pertanyaan manusia sering komplain. selamat membaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woke dehhh shaapppp. Ntar aku cari yaaaaa. Makasih refrensinyaaa mas qori

      Hapus
  10. Memandingkan hal yang buruk ke baik kada pernah habis kii, sama kayak membandingkan mantan lebih baik dari pada orang baru :'v

    Bahahaa ini kisah yg semalam nah, kasian pacar km aku bisa merasakan ki... Pasti inya iya iya aja terus dlm hatinya "Ya Allah ambil aku ya Allah" *kabur*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi ih dit bujur. Makanyat u ada ku tulis. Kadang manusia ni. Temasuk aku jua. Ketuju menyambat b ke a. Lain b ke c. Paham ai lo wheheh

      Hapus
  11. kayaknya aku gak sering komplain deh,jarang , kalau ada hal yang menyebalkan mungkin aku cuma bilang "Ah sudahlah" "Nggatek" "mbuyak karepmu" "mben ae"

    BalasHapus
    Balasan
    1. wheheh nah bagus ituuu, pertahakaann, aku juga lg belajar ky gituuu

      Hapus
  12. kalau memang ndak pas ya komplain aja, yg terpenting masih dalam batas wajar

    BalasHapus
  13. Hmm paham dah maskapai mana itu. Kemarin juga ada yang komplain gegara bagasi.

    Alhamdulillah sih di maskapai apapun perjalananku selalu menyenangkan. :))

    Iya bisa jadi komplain yang kita berikan kepada pihak yang bersangkutan langsung, bisa memperbaiki sarana dan pelayanannya.. :)

    BalasHapus
  14. Manusia juga manusia tak ada yang sempurna. Berkeluh kesah tentu boleh, tapi tak perlu berlebihan, apalagi sampai dihitung? serius.

    Blog Mbak Reski Amalia Nurpratiwi sangat menarik dan pintar melibatkan pembaca dan berkomentar.

    Salam kenal ya ; semangat7x

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh mas, tapi meghitung komplain sebenrnya bisa bikin kita sadar aja kalo kita terlalu banyak komplain. dan bisa ngurangin itu jadinya

      Hapus
  15. Sebelum gue ngehitung jumlah komplain gue dalam satu hari, mungkin lo mau jelasin dulu apa bedanya komplain, ngeluh dan opini. Soalnya gue hampir ga bisa bedain diantara ketiga hal tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut gue yah..isi yang ada didalem komplain adalah sebuah keluhan. sedangkan untuk beropini lo ga mesti ngerasain hal yg ga menggenakan dulu menurut lo. sedangkan lo komplain dan ngeluh hanay saat lo ngalamin suatu hal yg ga menggenakan di lo

      Hapus