Hal yang diajarkan ego ke gue


Hai there, ketemu lagi sama gue, kiki.

Kepala gue begah banget gara-gara kejadian beberapa waktu lalu, penyebabnya? “Egois”.
Well, pernah ga sih lo ngerasa terjebak dalam keegoisan? Maksud gue adalah pernah ga sih lo ngerasa lo itu egois banget tapi mulut lo mengeluarkan kalimat “Tapi” untuk menunjukkan pembelaan dan pembenaran atas apa yang lo lakuin, sekalipun cuma dalem hati. Seperti misalnnya yang gue katakan dalem hati “Gue tau gue egois karna ga menawarkan om gue beserta istrinya yang nginep dirumah untuk tidur dikamar gue, gue tau ini egois banget, tapi gue kangen banget sama kasur dan gue ga suka ada orang yang stay lama dikamar gue”.

Yoooiiiii,,,, ada kalimat “Tapi” yang bikin ego gue ga bisa turun. Sebenrnya malem itu gue bilang sih dalem hati, kalau mereka yang minta tidur dikamar gue, ya gue mau ngasih, tapi kalo mereka ga minta, ya gue ga nawarin. Gitu.Njuk, malem itu, akhirnya gue tidur dikamar gue, dan om gue beserta istrinya tidur di ruang tamu.

Cerita selesai? Oh belum
, dua hari kemudian, gue beserta rombongan keluarga yang totalnya 12 orang, jalan-jalan ke Kotabaru, 10 jam perjalanan naik mobil dari kota Banjarmasin, disitu kami nginep di rumah sepupunya mama gue, Om Nuwar gue manggilnya. Malemnya, sebuah kejadian yang bikin gue rada surprised-pun terjadi. Om nuwar nyuruh beberapa orang dari kami untuk tidur dikamarnya dan dia beserta istrinnya tidur di luar, di ruang tamu. Bahkan ketika pagi harinya gue kebangun, gue liat Om Nuwar tidur di kursi di teras. Kayanya sih karna ruang tamu udah full jadi dia milih tidur disitu. Astaga gue spechless, rasanya gue beruntung banget, Allah ngasih gue pembelajaran tentang “Ego” dengan sangat baik dan sangat cepat.  Gue baru sadar bahwa beberapa hari yang lalu gue udah bener-bener kejebak sama ego . Oh my lord, rasa bersalah emang datengnya belakangan yaa.

Kejadian tentang ego ini lumayan throught provoking buat gue, beberapa hari gue mikir dan menganalisa *alah* tentang ego. Dan lalu membuat gue bertanya ke diri gue sendiri “Apakah ego selalu buruk? selalu berkonotasi negatif?”. (Ya karena gue nanya ke diri gue sendiri, otomatis gue jawab sendiri dong hehehe).  Jawabannya “Enggak”. Menjadi egois gak selamanya buruk, kenapa gue bilang begitu? Kalau lo pernah baca postingan gue tentang penglaman-pengalaman gue semasa kost  misalnnya dan juga pengalaman gue kursus bahasa Perancis , bahkan ketika sekarang gue bisa diterima kuliah di tempat yang gue impikan sejak dulu, yees semua pengalaman yang luar biasa itu bisa terjadi berkat ke egoisan gue. Iya bener,, gue dulunya cuma disuruh sama orang tua gue buat kuliah di kampung halaman aja, tapi gue bersikeras (pake banget) kalau gue pengen melihat dunia luar *alah* dan dengan terseok-seok gue meyakinkan orang tua untuk supaya bisa ngijinin gue merantau ke pulau orang. Lo bayangin aja sih, anak perempuan satu-satunya, pengen kuliah keluar, jauh dari orang tua dan tanpa ada keluarga satupun di luar sana. Ya gimana ga berat, ya kan?

Well, egois dan keras kepala gak selamanya nya buruk. Gue jadi teringat sama sebuah quote yang mengatakan “Anak muda itu harus egois, harus bisa berpendirian kuat sekali untuk masa depan yang ingin diraihnya”. 

Nah ini membuat gue berani menyimpulkan bahwa, mencintai diri sendiri dengan keras kepala dan kuat pendirian untuk mempertahankan dan memperjuangkan mimpi yang ingin diraih itu adalah sebuah bentuk ke egoisan yang baik. 

Yes, gue egois, untuk hal-hal yang baik buat gue sekarang dan buat masa depan gue. Dan lo, gimana? Udah bisa egois untuk hal yang baik buat diri lo sendiri ga? cerita dong ke gueeeee...

You May Also Like

12 komentar

  1. Hmm, bicara tentang ego baru-baru ini aku juga habis mengalami hal yg berkaitan tp entah knapa sampai saat ini, belum bisa disimpulkan hal itu benar atau salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya lo coba tanya ke org. Minta pendapan aja tentang apa yg lo lakuin

      Hapus
  2. Aku ikut speechless Kak.
    Ego? Uh sering. Tapi kadang mengalah setiap untuk mempertahankan egonya harus pake tangan orang lain. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. ;) gimana ceritanya pake tangan orang? Engga deng gue hehe

      Hapus
  3. Wooo dasar egois!! *dikeplak*
    Aku ini sekarang egois banget ini pokoknya komen ini harus dibales. Weeeek. \:p/

    BalasHapus
  4. Lagi S2. Pake duit orangtua. puluhan juta. di jakarta.

    Agak egois sih sebenernya hihihi. Sodara dan temen2 banyak yang komen.
    Tapi orangtua nya dukung begitu. Ya jalani dulu deh semoga ini keegoisan yang baik hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jalani dulu. Dah duku bener tuh kuliahnyaaa haha jngn sering nitip absen

      Hapus
  5. tapi yang udah ada dibenak orang kalau egois pasti negatif ya...
    duh aku nga punya egois nih, gagal jadi anak muda yang katanya harus negatif nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya krn kebanyakan udah mikkir negatif duluan di awak.weh gue enggabilang kudu negatifyaaa haa

      Hapus
  6. gue kalo uda egois, bener2 uda gak peduli ama apapun. bener tuh egois untuk meraih mimpi itu baik, tpi liat sikon juga sih.


    gue salaminzaghi, selamat pagi.

    BalasHapus