Cakap bermedia sosial, kita udah belum sih?

Halo, udah lama ya gue ga posting :( sibuk banget soalnyaaa makk...

Dipostingan kali ini gue mau share tentang kegiatan gue hari Jumat kemaren *udah kaya artis aja cerita-cerita segala* Oke, jadi gini, hari Jumat kemaren gue dapet undangan acara launching buku paket informasi publik dan diskusi tentang cakap bermedia sosial, judul bukunya pun sama, yaitu cakap bermedia sosial. Gue dateng jam 08.00 dan setelah ngurus daftar ulang terus gue langsung dikasi sebuah buku. Ini bukunya.
Sejujurnya yah, liat covernya sih awalnya gue ngerasa biasa aja, ga gue buka, gue malah ambil snack yang banyak karna enak bangeeettt hehe. Sampai pas gue duduk dan snack gue udah abis, gue liat didepan gue ada orang yang lagi buka-buka ini buku, "Eh kok asik ya kaya komik gitu", ya gue bukalah,,,daannn waaaw bagus,,,suka gue, ga nyangka aja bisa ketemu buku yang dikemas dengan konsep yang bener-bener paham pasar kaya gini. Karna ini kan ya dari pemerintahan gitu, gue mikirnya isinya bakalan formal banget dan kolot, kaya buku pelajaran, tapi isinya bener-bener diluar ekspetasi gue, isinya full gambarr....dan gue khatam buku ini dalam sehari, karna gue suka haha, apalagi anak kecil ya...
Nah ini isinya, jadi lo kaya baca komik tapi tuh padat informasi gitu, beruntung deh gue ya baca buku yang baru mau di launching ini.

Nah sesuai yang kaya gue bilang tadi diawal, ini bukan cuma sekedar acara launching buku, tapi juga sekaligus acara diskusi publik tentang "Cakap bermedia sosial itu kaya gimana sih?". Menghadirkan empat orang pembicara yang ahli di bidangnya masing masing, ada Prof. Dr. Hendry Subiakto, Guru besar komunikasi Unair, ada juga founder @JogjaUpdate, Kang Arul, dan Bapak Ismail Cawidu, Kepala Pusat Informasi dan Humas KOMINFO. Isi dari diskusi kemaren lebih membahas kepada tips-tips agar cakap bermedia sosial dan dampaknya serta soal cyber crime juga, gue mau jabarkan secara singkat aja, jadi tips agar cakap bermedia sosial ada 3 nih menurut yang gue tangkep waktu itu :

1. Jangan ngasi semua informasi secara lengkap dan mendetail di sosial media lo.
    Ya ga perlu lah ya ngasi alamat rumah, nomer hp di bio, nama orang tua, nama mantan dsb lo harus bisa ngebedain antara ngasih informasi di sosial media dan bikin CV.
2. Mikir.
   Iya, lo mesti mikir dulu dampak nya sebelum share suatu hal, jadi kalo mau menghina orang, ngatain orang, nyinggung orang dengan tagar #nomention , mikir dulu, apakah nanti akan berdampak buruk, mana tau ada yang ngerasa dan dia jadi dendam sama lo, yes selamat deh nambah satu musuh lo.
3. Mikir part II 
   Nah ini soal share-menshare, sebelum ngeshare sesuatu, udah wajib banget buat kita untuk mem-verifikasi dulu tentang berita itu, benarkah berita itu? sebera pentingkah untuk di share? dan dampaknya apa kalo dishare? menguntungkn ga sih kalo di share? ah banyak yang mesti ditanyin kan, ya emang, tapi begitulah adanya.
4. Pinter-pinteran
   Well, sama kaya hidup, main sosial media itu harus pinter-pinteran, dalam artian harus bisa ngejaga batas, jangan berlebihan,  toh Allah juga bilang bahwa apapun yang berlebihan itu ga baik, bukannya sosial media itu membawa dampak yang lebih banyak negatifnnya, tapi ya be smart aja dalam memainkannya,

***

Oke kelar. Sekarang gue mau memaparkan analisa gue tentang candu bersosial media *halah bahasa lo ki*. Hayo coba gue tanya sama lo, pernah ga sekali waktu disaat lo jalan sama temen-temen lo atau sama pacar atau sama keluarga, lo ga main HP sama sekali? Bener-bener ngasih fokus perhatian lo ke orang yang saat itu lagi sama lo? Atau malah lo sibuk buka Path buat cek-in atau nge-love in foto orang di instagram demi dapet love balik. Hayoooo ngakuuu. Well, semoga ini jadi bahasan yang thought provoking buat kalian semua. 

Kenapa kita bisa jadi kecanduan sama sosial media? Dan sebenarnya untuk apasih kita bersosial media? Untuk menjalin silaturahmi dengan kerabat jauh? Oke boleh lah alasannya, tapi apakah itu cukup? Engga. Nyatanya gue yakin setiap orang dari kita semua pasti akan merasa senang jika ada orang yang ngerespon hal-hal yang kita share di sosial media, lalu timbulah rasa "Gue pengen kaya gini lagi" dalam artian ketika ada yang nge-like, nge-love, dan ngomentarin postingan kita, kita ngerasa seneng, suka, dan akhirnya membuat kita untuk pengen mendapatkan hal itu lagi, itulah yang membuat orang jadi kecanduan sosial media. Gue ngerasa ini wajar banget, kenapa kita suka digituin? karna sifat alamiahnya manusia adalah pengen dihargain, pengen di apresiasi, dan normalnya adalah ketika kita mendapatkan itu karna melakukan suatu hal, kita pasti akan melakukan hal itu lagi untuk bisa mendapatkannya lagi. Simple.

Terlebih lagi sosial media juga bisa menjadi sarana buat orang yang didunia nyata ngerasa kurang dihargai dan diapresiasi, untuk berbuat se free-freenya di sosial media demi ngerasain yang namanya diapresiasi, ya semacam pelarian gitu, jujur deh sama gue, pasti lo punya temen yang di dunia nyata biasa-biasa aja tapi di sosial media eksisnya naudzubillaahhh....Udah kaya seleb.

Lalu candu ini bahaya gak sih? ya menurut gue sih ya namanya aja udah candu, ya rada bahaya menurut gue. Gue rasa terlalu kecanduan bersosial media membuat kita jadi menarik diri dari dunia nyata, dan bikin kita terlalu dalam masuk ke dunia maya, akhirnya adalah orang yang kecanduan sosial media mungkin bisa saja udah ga bisa ngebedain mana yang dunia maya dan mana yang dunia nyata.

Terus gimana biar ga kecanduan? Yah ini rada susah sih menurut gue tapi kalau gue pribadi sih memulai dari hal yang sederhana dulu, oya sebelumnya gue mau ngasi liat ini, ada satu video yang gue suka banget yang berhubungan juga sama yang gue bahas sekarang. Judulnya Why Our Phones Disconnect Us .


Di situ dia nanya "Why can't i just be with people i'm with and than be with other people later?" Nah, pertanyaan itu a little bit ngasih gue pencerahan. Sejak liat video itu gue jadi berusaha untuk menahan diri untuk ga main HP saat lagi sama orang, entah itu temen maupun pas sama pacar, walaupun kadang keteteran juga tapi ini bener-bener worth banget lho, gue jadi lulmayan bisa ngebedain kapan gue harus bersosial media dan kapan gue harus berinteraksi, jadi waktunya ga kecampur, semisal pun gue buka hp, biasanya cuma sebentar. Pokoknya gue ga mau dikuasai hp dan sosial media yang endingnya bisa bikin kehidupan bersosial gue didunia nyata menurun. Oya, gue juga hapus BBM gue,  gue ga main twitter dan line lagi, ya sesekali doang buka, kalo dulu kan gue biasanya selalu nge-cek timeline setiap saat, kalo sekarang udah engga. Dan kerasa lho, hidup jadi lebih plong.

Jadi, di akhir tulisan ini, coba fikirin  lagi, apakah kita udah cakap bermedia sosial? ataukan kita malah seperti orang yang ada di video itu?

Hayoooo cari kolom komentarnyaaa :p

You May Also Like

3 komentar