Lo ngerasa gini juga gak?

Gue bingung mau ngasih judul apa, entahlah, sejak beberapa waktu belakangan ini gue ngerasa resah, penyebabnya karna gue sekarang malah jadi bingung passion gue apa.

Gue tau sih apa yang gue suka dan apa yang gue gak suka. Ayo mulai...

gambar nyomot disini

Petama, gue suka cerita dan gue seneng kalo apa yang gue ceritain bisa menginspirasi orang atau kalau orang denger seenggaknya mereka ngerasa tercerahkan. Ya semacam jadi speaker gitu kali ya
Kedua, gue suka bikin film, sebelumnya gue ceritain dulu, gue itu dulu ngira jadi filmmaker dan berkecimpung di dunia perfilman adalah passion gue. Tapi? baca nanti dibawah
Ketiga, berkegiatan sosial.
Dari ketiga hal yang gue suka itu, gak ada satupun yang gue bener-bener yakin itu adalah passion gue, karna ketika gue mencoba menyebut "Ah berkegiatan sosial dan menjadi relawan adalah passion gue" tapi setelah itu gue sadar bahwa gue kurang "Candu" di hal itu. Dalam artian gue engga ngerasa excited pake banget di hal itu. Gue seneng, gue suka, cuma enggak excited pake "Banget", pokoknya gue ragu karna gue ngerasa  gak bener-bener sepenuhnya terjun di hal ini. Pun sama kaya di dunia film. Gue suka bikin film, selalu ada hasrat yang besar disini, tapi gue kurang "Action" , dan juga nulis, gue aja sekarang jarang nulis blog toh?

Akhirnya gue menyimpulkan bahwa gue belum ketemu passion gue. Iya, gue belum menjadi seorang yang passionate, aah gue berasa resah banget, gue belum bener-bener 100% poll ngerjain salah satu dari ke-tiga hal itu, bukankah passion itu hal yang selalu bikin lo berhasrat untuk selalu melakukan hal itu? even bayak masalah dalam artian gak selalu happy kalo ngelakuin itu, tapi lo selalu pengen dan pengen untuk mengulanginya. Gue? iya gue suak melakukan semua hal itu, tapi ya itu, gue kurang di action

Kalo ditanya cita-cita pun gue gak bisa ngejawab secara clear, beda kaya temen-temen gue yang lain ketikaa ditanya mau jadi apa? dokter, guru, arsitek dll. Gue? gue pengen jadi sociopreneur, tapi sampai detik ini pun gue sadar kalo gue emang bener-bener pengen jadi sociopreneur gue harusnya sering ikut seminar entrepeneur, nyari link soal sociopreneur dll. Tapi apa? gue gak melakukan hal itu. Gue ngerasa sadar kalo gue punya mimpi tinggi tapi gue gak maksimal dan ga bener-bener pool untuk ngejar itu, iya gue ngejar kok, tapi gak pool aja rasanya. Pokoknya gue ngerasa malu aja sama diri sendiri.

Tapi kalo ditanya plan gue untuk 5 tahun ke depan gue bisa jawab dengan gamblang dan lugas, gue udah nyusun itu semua, cuma  ya kalo ditanya soal passion gue dimana dan cita-cita gue apa, i dont know excatly...

Gue sampe pengen nangis, liat beberapa temen seperjuangan gue yang udah ketemu passion-nya dan bener-bener full di bidang mereka masing-masing. Apa mungkin gue cuma kurang totalitas?

Intinya adalah gue baru sadar kalo gue belum-lah dikatakan seorang yang passionatte dan gue ngerasa gue ngebuang waktu banget, contoh sederhana, gue dulu bikin film di Banjarmasin, gue mikir kalo tinggal di Jawa enak karna banyak filmmmaker dan link,  nyatanya? gue di Jogja udah 8 bulan aja baru bikin 1 film. Padahal di Jogja ada bejibun fimmmaker, dari yang indie sampai sekelas Ifa ifansyah, Eddie cahyono, Ismail basbeth dll. Waw banget kan ya? Iya gue satu tanah sama filmmakers hebat di Indonesiatapi kok gue malah gini-gini aja...

So, gimana menurut kalian? Ngerasa gini juga ga?

You May Also Like

15 komentar

  1. Sama, gue pun juga gitu. Gak tau Passion gue ada dimana. Dan sampai sekarang, gue masih nikmatin alur hidup gue yang begitu-begitu aja, dengan sedikit perkembangan di setiap waktunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah great udah ada perkembangan. semoga lo makin berkembang sampe nemu passion lo ya. amiiin

      Hapus
  2. Pernah ngerasain, Res. Pernah aku bikin postingan kayak begini juga. Dan ada yang komen atau lebih tepatnya kasih pertanyaan. Salah satu pertanyaan itu, "Apa yang menurut kamu mudah kamu lakukan tapi menurut orang lain itu susah?" Itu salah satu pertanyaan yang bisa bikin kita tau passion kita dimana. Coba dijawab aja. Semangat ya, Res! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. well, gue udah nyoba nanya tapi jujur yah pendapat gue sih passion itu bukan soal hal yang kita rasa gampang, tapi justru hal yang kadang malah bikin kita mumet alo ngerjainya tapi bikin nagih dan pengen terus ngelakuin hal itu, gitu sih ca pendapat gue hehe

      Hapus
  3. Halo, Reski. :)
    Tante (ceilah tanteeee serasa ngomong ke anak buah) juga pernah rasain hal ini kok.
    Giliran udh seneng nulis tiba tiba nge drop. Giliran suka sm kerjaan jd relawan eh malah resign cari kerja yang ada duitnya. Intinya bukan cuman passion. Tpi ikhlas dan bahagia nggak waktu lakuinnnya. Ditambah lingkungan. Biasanya lingkungan mendukung bgt passion kita. Contohnya seneng sociopreneur? Gabung aja dgn komunitas yg isinya sociopreneur semua. Melihat mereka sukses, apa kita nggak terpacu utk bergerak satu langkah lbh maju dri mereka? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba nih lagi nyari komunitas ttg sociopreneur gitu, bener banget, liat mereka sukses tuh jadi ikut terpacu juga sih cuma ya kadang kurang di action mba heehe

      Hapus
  4. Sama Res gue juga. Belum greget gitu passionnya dimana. Pernah ngerasa gitu, bahkan masih. Sama banget. Ikut komunitas film di kampus biar makin produktif, ternyata nggak juga. Tergantung kitanya sih ya. Hmm.
    Semangat terus Res! Semoga bisa produktif bikin film di Jogjanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaaa ternyata banyak yg kaay gue yaa...lo semangat jugaaa yaaaaaa

      Hapus
  5. aku pernah- aku pernah merrasakan hal yang meresahkan seperti ini, aku memutuskan untuk menulis, mungkin disanalah pasionku, aku akan terus menulis sampai ini benar-benar menjadi pasionku, sampai aku bisa hidup bahagia selamanya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah great lo udah nemu passion lo, semoga gue lekas menyusuuullll

      Hapus
  6. Pertanyaannya: kalau kamu sudah menemukan passionmu sendiri, apa kamu yakin kamu bakal totalitas dalam mengerjakannya?
    Bukan berarti kamu nggak punya passion di sana, kamu hanya kurang action. Buntu? Segera cari referensi. Banyakin relasi dan belajar dari pengalaman-pengalaman orang di sekitar yang satu rumpun dengan bidang yang kamu minatin. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi mungkin sebenernya gue udah ketemu passion gue? tapi gue gak totalitas? hmmm mungkin iya, makasih pencerahannya yah, semoga gue bisa lebih totalitas lagiii

      Hapus
  7. Mungkin lo kurang total aja sih, menurut gue passion itu ga melulu kalau lo ngelakuin itu lo ngerasa bahagia, karena yg lo kejar itu bulan senangnya tapi apakah tujuan lo bakal tercapai apa engga.

    Gue ngambil contoh dari idola gue Jack Ma,pemilik alibaba.com dan telah memebli lazada.com, jadi awal dia membangun alibaba itu selama 3 tahun ga ada pemasukan 1 dollar pun, bayangin aja lo ngelakuin sesuatu selama 3 tahun tapi tidak menghasilkan, cuma karena jack ma membangun alibaba untuk menolong ukm di cina agar bisa mendapat pasar internasional melalui media internet (alibaba) dia tetep kekeuh dgn passionnya itu, dan sekarang ke bukti suksesnya kaya apa jack ma.

    Jadi kesimpulan yg gue dapat sih jangan mentalahkan keadaan arau nasib, tapi salahkan mental kita yang tempe yang melempem, kerjanya ga maksimal tapi mau hasil maksimal.

    Waaah panjang juga ya komen gue hahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gung, gue juga ngerasa gituuuuu..

      mental gue kurang baja nihhhh,

      Hapus
  8. HELLO GOOD ARTICLE KEEP IT UP PLS HELP ME TO GROW IN BLOOGING I AM NEW IN BLOGGING http://luxurykidsschool.com/how-to-make-money-on-instagram/

    http://googleearnmoney.com/i-need-1000-now/#more-47

    BalasHapus