Ngobrol sore #1 Ft. Ichsan Ramadhani

So, langsung aja, gue udah merencakan ini dari beberapa bulan sebelumnya, bahwa di tahun 2018 ini, gue mau nulis (dan semoga bisa rutin dan konsisten) postingan khusus yang akan di beri nama “Ngobrol sore“,  isi postingannya ya tentu obrolan gue sama orang-orang yang udah gue ajak ngobrol sebelumnya *yaiyalah, tapi kenapa sore? Karna sore adalah waktu dimana gue hampir selalu selo, jadi bisa ngobrol dan diskusi sama orang lain, bisa mikirin banyak hal, bisa ngerenungin banyak hal *asik

Apa yang akan di obrolin ? Macem-macem tapi kayaknya akan lebih sering berkutat di sekitaran passsion, hobi, opini, atau topik-topik yang lagi anget-angetnya, dan hal-hal seputar itu..

Dan temen ngobrol pertama gue adalah…. Ichsan Ramadhani


Maaf yak gue engga jago ngedit foto lol
Sebenernya ngobrol sama Ichsan ini udah dari tahun kemaren sih, tepatnya di bulan september 2017, tapi sengaja gue tahan karna memang pengen di posting di tahun 2018, biar kesannya ini blog ada inovasinya gitu lah di tahun baru…

Gue tertarik ngobrol sama Ichsan karna dari semua temen blogger yang gue kenal, dia yang (gue tau) pernah nulis buku dan gue rasa dia konsisten menulis, dalem hati gue mikir “nih orang passionnante juga ya“, walaupun ketika gue bilang itu ke dia, dia engga berani mengganggap bahwa menulis adalah passionnya, WHY ? Monggo di simak obrolan gue sama pemilik blog yang dia beri nama Ayam sakit" ini ...
****

Gue     : San, kenapa lo suka nulis? 

Ichsan : Wadawww, ini lo ngelinenya selalu dalam waktu yang gak pas ya ky wkwkw

Gue baru ngeh kalau di Prancis sore, berarti di Indonesia udah tengah malem *hehehe. Lanjutttt…..

Ichsan : Suka banget mah nggak, gue awalnya hobi cerita doang. Buset dah jawaban gue pendek bet yak, harus dibuat panjang atau dibuat lucu nih wkwkw

Gue     : Pendek banget woy.

Ichsan : Wkwkwkw iye iye, gue jelasin panjangnya dah. Sebenarnya sesuai sama pepatah keren yang gue tahu "Everyday is accident" jadi waktu itu gue dipaksa guru buat bikin tugas. Nah, tugasnya ini bikin blog, gue nggak tertarik banget awalnya, karena temen-temen gue yang lain udah pada buat, dan rata-rata konten mereka itu bahas hal-hal yang dekat dengan jurusan gue sekolah.
Gue kan anak SMK jurusan multimedia nih, jadi satu kelas bikin blog yang isinya teknologi-teknologi gitu dah. Nah, gue mah sebenarnya mau juga bikin konten begitua, tapi kan gue bego ya, yaudah, gue isiin aja blog gue cerita-cerita harian, alasannya biar beda dengan blog di kelas. Padahal aslinya gue males mikir dan nyari konten soal teknologi, jadi gue tulis yang gue suka aja, mulai dari situ jadi suka nulis blog deh. Kalo aja gue gak punya accident di paksa bikin blog sama guru, sampe sekarang mungkin gue gak pernah tahu blog :|

Gue     : Kan hobi cerita nih, jadi kalau di dunia nyata lo juga suka ngomong?

Ichsan : Wahhhhh suka banget. Lo tanya deh beberapa blogger yang pernah ketemu gue. Gue mah ngomong mulu anaknya,  tanya Daus, Adi, Haris, Yoga, kaga ada rem nya mulut gue kalo ngomong. Emang anaknya suka cerita, jadi ya gitu. Rame sendiri mehehe

Gue    : Kalau sama Daus lo kan satu kota nih, terus sama Adi, Haris, Yoga. Lo kenal awalnya dari blog ya berarti?  Oh iya, dan kan sekarang ngeblog karena suka berarti ya? Bukan krn terpaksa lagi ? Terus lo pernah dapet penghasilan dari sana? Entah itu nulis yang dibayar,  google ads dll ? *buset gue nanya banyak bet

Ichsan : Sama Daus mah juga beda kota lah, gue kan awalnya Samarinda, di sana gak ada temen blogger sama sekali, terus yang pertama banget ketemu Yogaesce, dia anak Balikpapan, pas gue kuliah ke Malang, baru mulai ketemu Daus sama Haris. Dan beberapa blogger lain hahaha. Terus dapat kesempatan magang di Jakarta akhirnya ketemu sama blogger Jakarta medioker juga. Oh iya, sempat ketemu Ridoarbain juga, blogger Palembang yang sangat terkenal itu.....terkenal di kalangan narapidananya.
Sekarang mah bener-bener karena suka doang. Kalo dulu semangat ngeblog biar menuhin tuntutan tugas doang, kalo sekarang semangat ngeblog bener-bener cuman karena pengen berbagi cerita aja, itu doang. Kalo dibayar pernah sih, awalnya dapat paid post gitu, pernah diundang khusus juga sama bank swasta, sisanya ya review-review berbayar lah. Sama royalty buku deh, kan duit juga tuh muahaha

Gue     : Berarti bisa dibilang kalau nulis adalah passion lo dong ya?

Ichsan : Nulis? Passion ? Nggak juga sih, gue nggak kaya orang-orang yang istilahnya bakal mati kalo nggak nulis atau publish sesuatu bentuk tulisan. Gue cuman senang ceritanya itu doang, senang berbaginya, sama nikmatin prosesnya aja. Makanya gue gak berani bilang kalo nulis passion gue,   ngomongin passion gitu, kebetulan gue iri tuh sama mereka yang udah tau passionnya apa dan harus ngapain, nah kalo gue masih gak tau, bingung euy passion gue apa yak ekwkw

Gue    : Masa iya san? Jdi lo sendiri belum yakin passion lo dimana?  Padahal lo udah bikin buku, gue kira lo passionnya disana hahahaha.

Ichsan : BELOMMMM WKWKWK PARAH KAN.  Yaelah, nerbitin buku mah gak bisa jadi patokan kalo orang dibaliknya pasti passionnya nulis. Sama aja kaya kuliah, ada aja kan anak jurusan teknik yang lulus tes, kuliah, wisuda, ujug-ujug kerja di bank. Makanya gak bisa ngukur passion orang cuman dari apa yang udah dia buat di belakang, kalo gue sih gitu, bisa aja kejadian yang dia buat kemarin cuman accident. Ingat "everyday is accidentally" wuahahaha

Gue    : Iya juga sih ya, tapi kalo kata suhu gue, hidup kan kadang memang dipenuhi sama ketidaktahuan, yang penting jalananin aja dulu, *asik.

Gue *lagi : Btw sampe sekarang lo masi nulis yang di bayar gitu? Dan lo enjoy ga sih kalo nulis tapi dibayar, karena kadang ada kan blogger yang kalo nulis berbayar, tapi uring-uringan, maksudnya nulisnya engga sepenuh hati ketimbang nulis karena kemauan sendiri

Ichsan : Karena niat gue nulis dan bikin blog bukan nyari duitnya, jadi gue emang agak pemilih soal paid post, kalo emang gak sesuai dan gue gak paham sama produk/jasanya, biasanya gak gue ambil. Sama itu tuh, mereka yang udah nyiapin konten, terus minta tinggal di publish doang, gue sering nolak kalo jenisnya yang begitu. Sebisa mungkin harus tetap gue ya bikin kontenya. Masalah uring-uringan atau nggak itu kan tergantung perjanjiannya aja, kalo emang konten dari kita juga mestinya gak bakal uring-uringan sih, kalo gue gitu aja wkwkw

Gue     : Btw lo pernah kepikiran mau menjadikan ngeblog atau nulis sebagai sumber mata pencaharian ?

Ichsan : Dulu nih, waktu awal-awal dapat duit dari sana pernah kepikiran sih, keknya enak dapat duit dari nulis. Cuman semakin dewasa, gue semakin realistis aja. Mungkin kata orang enak kalo bisa kerja dengan passion terus di bayar. Kalo gue kayaknya gak bisa gitu sih. Apaya, gue ini bosenan anaknya, susah nih jawab yang ini ekwkwk

Gue : Jadi mungkin suatu hari lo bisa bosen nulis juga? Paling lama berapa minggu lo pernah ga update blog? Haha btw nih san, gue pernah baca tulisan yang bilang bahwa "Lo udh nemu passion lo, tapi lo cuma ignoring aja" 

Ichsan : Nah, itu juga bisa sih, tapi passion itu kan hal yang digilai banget gitu kan. Mungkin urutannya, menyukai - mencintai - menggilai. Nah nulis itu buat gue masih di level mencintai aja, gue belum tergila-gila. Hahaha Gue jujur aja tiap hari nulis. Cuman gak semua yang gue tulis harus publish di blog. Nah kalo di blog, sebisa mungkin gue berusaha sekuat tenaga melawan kemalasan ini untuk bisa posting minimal sebulan sekali. Dan kebiasaan ini terjaga mulai dari januari 2012 sampai sekarang. Btw bulan ini gue belom ada posting haha.

Gue    : Gue lagi bayangin si kalo lo tergila-gila nulis, lo nulis bakal kaya apa ? Makna "Menggilai" yang sekarang kebayang di kepala gue entah kenapa beda aja hhahaa.

Ichsan : Ya minimal kaya pecandu narkoba lah, kalo nggak ada itu dia bisa mati. Nah gue belum sampai level itu tuh hahaha. 5 tahun mah baru-baru aja itu mah, gak lama-lama amat ky, ketahuan banget ini gue tuanya :( Hahha

Gue    : Kan kata lo tadi lo bosenan nih? Emang lo memaknai bosen itu kaya gimana ? Dan kalau lo ga nulis seminggu, tahan ga ?

Ichsan : Kayaknya gue tahan sih, kalo lo nyuruh gue seminggu gak cerita apapun, nah itu gue mungkin gila. Mungkin passion gue jadi pendongeng nih, kayak kugy di perahu kertas wkwkw. Bosen ya. Dalam hal nulis deh, kalo gue bosen nulis blog, gue bisa loh bikin puisi, bikin tulisan yang serius, yang gada lucu-lucunya. Bikin yang beda dari biasanya aja, tapi gak melulu gue update di blog, kalo gue mah gitu hahaha. Soalnya kalo bosennya karena diatraksi dari luar gue jarang. Gue gak suka nge game juga, paling gde sih distraksi dari tugas sama nonton film muahaha

Gue     : Demi apahhhhh? Lo nulis puisi jugaaaa

Ichsan : Iyaaa nulis gue, dulu siapa tuh, Fatimah Aqila yang anak Banjar pernah gue kirimin. Rencananya gue suruh dia rekamin gitu, tapi keknya dia gak sangup baca puisi gue wkwkw Sebenernya kan nulis komedi sama nulis puisi rumusnya sama aja. Asal bisa milih diksi yang pas, pasti berhasil dapatin ketawa atau sedih nya, azeg

Gue     : Eh ada lagi ni san, lo punya blogger / penulis yang lo suka ga? Yang kayanya jadi panutan lo dalam menulis gitu ?

Ichsan : Kayaknya semua blogger jama 2010-2013 itu ya panutannya pasti Radit kali ya. Kalo sekarang gak ada sih, gue nikmatin aja semua tulisan teman-teman yang lain, kalo suka banget gitu, takut berlebihan jadi ngejiplak ntar. suka biasa-biasa aja, jangan berlebihan, gue sering soalnya nemu blog yang copas blog gue -.-

Gue     : Serius? Demi apa ? Full copy paste gitu?Berati lo udah layak jdi panutan dong

Ichsan : Macem-macem mah gue, isinya di copas full pernah, template gue di copas pernah, twit gue di copas juga sering. Emang kok kids jaman now ini ahhaha
Itu dia yang gue heran, tulisan gue gitu-gitu doang padahal, ngapain coba di copas -.-
Panutan apaan /.-

Gue     : Emang gitu sih san , nurut gue, kadang kita sendiri ga sadar kita itu kaya gimana, gue jujur nih ya, gue suka kok kalo baca postinggan lo, karna emang lucu, mungkin karna lo pinter aja tuh milih kata-kata. Nah lo nya sendiri ga sadar kan lo bagus di hal itu hehehhe. Sebenernya, kalo gue ngerasa engga ada "something" di lo, gue ga akan lah nanya nanya ke lo . Gitu si hahaha *asik

Ichsan : Widiwww gue dipuji nihhhh hahahahah mansoul abess . Asikkkk bet dahhh. Something banget mah ini yakkk gue nyaaa hededehh

Gue    : Gue ga muji-muji banget si, cuma kata temen gue kalo lo nemu sesuatu yang baik di orang lain, ungkapin aja, wuaseeek. Gila gue baru liat jam. Udah jam 3-an ya disana. Makasih waktunya udah mau disita...



Ichsan : Hmmmm, iya sih, kadang kita kaya malu sama males gitu ya muji yang serius, jatohnya becandain hahaha. Di Banjar iya kali, di Malang baru setengah 2 sih hahaa. Syiaapp

***

Ngobrol sama Ichsan bikin gue jadi mikir, kalau dia yang udah ngeblog selama 5 tahun aja engga berani bilang bahwa nulis adalah passionnya, apalagi gue yang nulis masih aja modo-moodan, belum layaklah rasanya kalau gue bilang bahwa passion gue adalah menulis, iya gak? 

*btw gue baru tau dari sini kalau si Ichsan nulis setiap hari bahkan juga nulis puisi yang gak ada lucu-lucunya, mengingat kalo tulisan di blognya emang selalu lucu. 

You May Also Like

19 komentar

  1. Rata-rata sekarang banyak banget yang asal copas dari alenia pertama sampai terakhir, sekalian juga sama foto--fotonya hahahha. Bahkan dicomot foto untuk web pemerintahan juga ada *eh :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampun kok parah banget si , harus di kali itu mas ke pemerintahnya

      Hapus
  2. Makanya gue juga nggak mau bilang, menulis adalah passion. Tentang passion lah, kerja passion lah, coba pikir dulu dah. Wqwqwqwqwq~

    "Because if we love what we do and do what we love then everything else is secondary"

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yah, kalau dipikir-pikir engga ada salahnya memisahkan kerjaan dan hal yang disukai, jadi kerja ya kerja, hobi ya hobby gitu yah

      Hapus
  3. Salah satu blogger yang tak tunggu update'an blogpostnya ya sih ichsan - ayam sakit ini.
    Sekali post biasanya ;angsung panjaaaang, tapi pas dibaca enak gitu. Ngga ngebosenin. Malah sering bikin ketawa gegara celetukan-celetukan renyahnya :D

    Udah aktif ngeblog 5 tahun, tapi nggak mau dibilang kalau itu passionnya?
    *baiklah saya mulai paham*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yah dia kalo post panjang yah hehehehe tapi entah kenapa betah aja gitu dibacanya

      Hapus
  4. Mungkin buat yg udah pada ketemu Ichsan pada bilang gini; “gue yg diem aja cape dengerin dia ngomong”, Gak berenti2. :’)

    Harusnya Ichsan diundang langsung ke Prancis ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw masa iya? Ichsan cerita si dia ngobrol mulu kerjaannya, tapi baru tau gue kalo sampe segitunya hahahahah

      Hapus
  5. Wahh, tulisan Rezki ini ngingetin sama puisi yang Ichsan buat waktu itu.Sumpah ngakak dah ingat puisinya waktu itu :D

    Bener juga ya ki, menurut gue kalo passion itu sesuatu yang bakal lo lakuin secara berulang dan gak ada tuh namanya kata "malas". Kalo nulisnya masih malas-malasan artinyakan belum jadi passion.

    BalasHapus
  6. Boleh juga nih pedoman hidupnya Ichsan. Everyday is accident. Nggak kalah mansoul daripada yang "Ubah sudut pandang lo."

    Baca ini jadi ingat niatan mau ngajak Ichsan nge-BF (baperin Film, tapi belum terealisasikan juga huaaaaaaaaaa. Btw kayaknya emang iya ya, Ki. Tiap orang yang lucu pasti punya sisi "melankolis'-nya juga. Ya kayak Ichsan ini. Suka nulis-nulis puisi juga ternyata. Huehehe.

    BalasHapus
  7. wah, sama ya. dulu pertama kali bikin blog karena dapet tugas pas SMA hahaha

    BalasHapus
  8. Gue baru-baru ini sih, temenan sama Ichsan di twitter, tapi udah tau dia dari lama, dari mas Adi dan mas Hena. Gue kan emang sengaja tuh di twitter ngefollow blogger-blogger biar bisa nular semangatnya. Pas ngefollow Ichasn gue kira di bakal sombong gitu, tapi eh. Langsung di folback gue. Wkwk. Serasa difolback Radit, cuy! wkwkwk.

    BalasHapus
  9. Pas buka lewat PC, kaget gue, kok foto gue gede banget hahahah.

    Semoga tamu selanjutnya bias lebih menginspirasi dibandingkan gue ini. Hahh, apa lah gue ini passionnya sendiri aja tidak tahu.

    BalasHapus
  10. Hahahah untung gue cuma ambil satu foto san, makasih yaa udah mau ngobrol sama gue

    BalasHapus
  11. Obrolan ang menarik dan menginspirasi. Kapan-kapan saya ajak dong ngobrol :)

    BalasHapus
  12. Salah satu blog yang sering gue kunjungi, tapi belakangan jarang update. wkwkw
    Wah, ada yang copas? secara gak langsung tulisan lo bagus. Gitu sih.

    Btw, sering2in bikin tulisan kek gini. Seru juga nih. Hehe

    BalasHapus
  13. Telah hadir pertama di Indonesia, Platform Trading Binary Option berbasis di Indonesia.
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT

    Dengan bonus deposit pertama kali sebesar 10%** T&C Applied.
    Minimal depo Rp. 50.000,-

    Bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover....

    Rasakan pengalaman trading yang light, dengan payout 85% proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama.

    Hayo bergabung bersama kami HASHTAG OPTION di www.hashtagoption.com

    BalasHapus