Cerita perjalanan : Paris - Jakarta

Gue sekarang lagi rebahan di kasur, sambil mandangin bendera merah putih di tiang pagar rumah, oy gue di Indonesia. Senangnyaaaaa.....


Libur summer (kuliah) kali ini  *padahal baru pertama kali* gue memilih buat pulang ke Indonesia, lumayan lama, dua bulan. 

Alasannya klasik, kangen rumah dan mau memperbaiki gizi.

Ternyata perjalanan pulang ke Indonesia gak sesimple makan bakso. Penerbangan Paris - Jakarta gak sebentar, durasi nya 15 jam, ditambah 10 jam transit, jadi total perjalanan yang harus gue tempuh adalah 25 jam. So, gue menganggap bahwa ini bukan sekedar perjalanan dan liburan biasa, maka dari itu gue mau bercerita sedikit, terutama pengalaman naik Saudia Airlines Asikk

Gue berangkat dari kota Caen (tempat gue kuliah) ke Paris, satu hari sebelum jadwal keberangkatan buat ngindarin telat plus sekalian jalan-jalan dikit. Walaupun keesokan harinya hampir telat juga.
         
         

Keesokan paginya, di perjalanan dari apartemen temen sampai menuju bandara, gue dag dig dug ser, takut ketinggalan pesawat karena bangun kesiangan. Sampe bandarapun gue lari dorong koper  menuju loket cek-in, pokoknya semua orang yang ngalangin gue anggap nyebelin dan salah hahhaa. 

Gue terbang naik Saudia Airlines dan transit di Jeddah, sejujurnya, 10 jam adalah durasi transit yang rasanya lama dan gabut banget untuk hanya sekedar duduk-duduk gak jelas tanpa wifi dan dengan ruang tunggu yang jauh dari kata layak. 
Pun dengan fasilitas yang ada, selain ruang tunggu yang gak nyaman dan wifi yang gak mau konek mulu, mushola dan toiletnya juga sama.
        
Orang-orang pada tiduran dan duduk di lantai, dan mushola yang kecil bertransformasi juga jadi tempat orang tidur, toilet yang masih ada sisa pup orang, iyaa men, masi ada bekas pupnya karna mampet dan jalan yang riwueh. "Berasa kaya lagi di pasar".  Itu kesan yang gue dapet selama 10 jam transit di sini.

Tapi justru beda cerita sama pesawatnya, kalau bicara tentang kondisi dalam pesawat, gue gak bermasalah sama sekali, karena memang pramugarinya ramah dan makanannya enak. Lumayan banyak pilihan lagu dan film walaupun ketek cewe aja di sensor, hehehe.
      
           Tuh loh disensor beneran keteknya, btw makanannya enak kok, tapi buat perut gue, porsinya kurang banyak hehehe
                                        

Di dalam pesawat menuju Jeddah, gue duduk di samping cewe Arab, sebelum landing di Jeddah, dia make-up in matanya luamaaaa banget, dan itu cuma mata lho, dia gak pake blush-on, kayanya gak bedakan juga, cuma lipstikan dan make-up in bagian mata. 

Di pesawat dari Jeddah menuju Jakarta pun sama, gue duduk di samping sepasang suami istri, Arab juga. Tapi mesra, gue envy dong yaaaa. Jadi nyamuk di pojokan. 
Si Istri sempet ngajak gue ngobrol pake bahasa Arab, gue jawab pakai bahasa Inggris kalau gue gak bisa bahasa Arab, dia bales jawab pake bahasa Arab mulu, gue kan jadi sebel, lalu gue jaweblah pake bahasa Prancis.

Pas udah landing di Soekarno-Hatta, si suami bilang (pake Arab lagi dan untungnya gue ngeh) kalau dia mau pinjem hp gue buat nelfon kerabatnya dengan alasan sim cardnya bukan sim card Indonesia. Gue bilang berkali-kali kalau gue gak punya sim card Indonesia tapi mereka tetap gak faham, ujuk-ujuknya mereka tetep pakai hp gue buat nelfon :(

Setelah landing di Jakarta dan keluar dari pesawat sekitar jam 21.00,  kesan yang gue rasain pertama kali adalah... Jakarta panas banget coooyyyy, kalau di Arab kayanya, panasnya tuh panas kering, di Indonesia tuh panasnya, panas lembab.
Gue malah ngerasa bahwa suhu Jeddah yang hampir 40 derajat kayanya lebih enak ketimbang suhu Jakarta yang engga sampe 30 derajat waktu itu. 

Malem itu, sembari nunggu penerbangan dari Jakarta ke Banjarmasin, gue makan di KFC, ya Allah demi apapun, nikmat banget sumpah (yah walaupun di Prancis KFC juga ada, tapi rasanya engga sama lho, ayamnya hambar mungkin karna gak pake micin dan penyedap rasa kali ya?)

Gue jadi baper sendiri malem itu, akhirnya bisa makan makanan yang sesuai lidah gue (lagi) setelah hampir setahun gak bersentuhan sama cita rasa Indonesia.

Sejak hari pertama nyampe Indonesia sampe hari ini, gue udah naik berat badan hampir 4 kilo, which is itu gak nyampe dua bulan.  Karna gue makan melulu, wisata kuliner kesana kemari tanpa kenal waktu sama sekali.

Dua minggu lagi, gue bakal balik ke Prancis, tapi kok rasanya gue sedih ya? dua bulan kok berasa kurang? masih banyak makanan-makanan yang belum sempet gue coba, hehehehe. Dan kalian percaya gak? Makanan Indonesia adalah salah satu alasan kuat kenapa gue pengen buru-buru balik ke Indonesia. Lagi dan lagi. Hahahaha. Semoga libur summer tahun depan gue bisa main lagi ke sini.

         

          
 foto-foto yang kalau di liat-liat, bikin gue makin betah stay di Indonesia hehehe

You May Also Like

33 komentar

  1. Wa!!! 25 jam!! Itu seperti malang - bali yang lagi macet waktu lalu..

    Transit di bandara jeddah sepertinya menjadi momok yang suram ya...

    Makanan indonesia emang kaya rasa.. banyak pake rempah.. bikin kangen.. 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iy nih makanan Indo malah jadi salah satu alasan kenapa aku pengen liburan ke Indonesi hehe

      Hapus
  2. Waaaaa 25 jam? Bete banget itu mah, tapi hilang seketika kalau udah liat rumah kan Ka kimel? ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bete pake banget demi apapun deh , untung kebayar semuany pas udah sampe Indonesia hehe

      Hapus
  3. Jadi kapan mlipir ke Jogja? Hahhahaha
    Selamat mudik :-D

    BalasHapus
  4. transitnya lama banget yaa? nggak bisa buat jalan-jalankah?

    BalasHapus
  5. Suka baca pengalaman kaya begini apalagi di negeri orang, brasa kesana aja. Hihihi

    BalasHapus
  6. Suka baca pengalaman kaya begini apalagi di negeri orang, brasa kesana aja. Hihihi

    BalasHapus
  7. Wow, diary perjalanan yang keren. Lama gak baca beginian. Menghibur, ringan, but bermanfaat. Keren-keren...

    BalasHapus
  8. Widiw transit ampe 10 jam? *speechless 😱

    Kuliner Indonesia memang tiada duanya. Apalagi nasi kuning masak habang *ngiler 🤤😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih kalo yg direct mahal wkwkwk wahhh nasi kuning fav kubngttt

      Hapus
  9. itu porsinya keliatan banyak, serius ga kenyang makannya ? wkw atau efek kamera kali ya jdi keliatan banyak. Emang ya seenak2nya dikota orang, bakal lebih enak di kota sendiri :") ceilah wkw

    BalasHapus
  10. Perancis dan tulisan yang enak dibaca adalah alasan gue selalu ke blog ini.

    Ajak ke Perancis dooooong :(

    Masa di Jeddah jorok gitu sih Ki?

    BalasHapus
  11. Jangankan setahun di luar negeri, gue yang PKL sebulan aja, di minggu ketiga udh ngiler-ngiler nge list makanan apa aja yang bakal-kudu gue santap saat pulang ke Indonesia nantinya wkwkkww.

    Emang udah dari orok sih bergumul ama makanan Indonesia wkwkwk. Sambelnya loh yang ga nahan itu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu diaaa pasti udah kebayang mo makan ini itu kan

      Makanan Indonesia memang sesuatuhhh

      Hapus
  12. Home sweet home yaaa. Aduh kapan nih kita bikin latte art lagi ???

    BalasHapus
  13. seriusan kondisi bandara pas transit se-memprihatinkan itu? kalah dong sama terminal leuwi panjang wc nya aja udh bersih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa parahhh tp kmaren pas aku pulang dri jkt-paris kan transit lg tuh, nah toilet udh bersih loh kwwkk

      Hapus
  14. Jakarta-Cilacap aja 15 jam sekarang tol aja macet bgt..

    Makanan Indonesia kebanyakan micin jadi enak

    BalasHapus
  15. wah gila, lama banget transitnya ampe 10 jam. itu mah mau tidur juga rasanya ga nyaman. takut ketinggalan pesawat.

    gue baru dua tahun lebih, baru di ijinin balik ke indonesia. emang rasanya beda sih. kyaknya smua anak rantau bakalan kangen sama masakan rumah. setuju klo rasa ayam kfc diluar sama yg disini beda. selain karena hambar, ya mungkin di mesir, nasinya diganti dengan roti. jadi, kenyang engga, malah bawaannya gondok sendiri, krena ngeluarin duit lumayan banyak, tapi ngenyangin perut engga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhhh gue juga gitu awalny ga kebiasa tp lama lama kebisa loh makan roti sebagai pengganti nasi kwkwkw

      Hapus
  16. What? 10 jam diam diam gak jelas cuma untuk nunggu diruangan yang orangnya banyak betebaran kayak gitu? Kalau dipikir kayaknya gak betah banget, tapi kalau dijalanin ya nikmatin aja ya mau gimana lagi hiks hiks. Jadi karena makanan indonesia? Apa karena mecin masako indonesia kali makanya kangen makanan sini? Balik ke perancis jangan lupa bawa sachet masako sekerdus mba biar kalau makan disana rasanya hambar, tinggal tuang aja masakonya! :D

    willynana.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa dan ruangannya gelap ga nyman dan kadang penuhhh :(

      Wkakakaak aku kemaren bawa masako dong udahhhh hehehe

      Hapus
  17. orang yang ngalangin gue anggap nyebelin dan salah? sadis abis :V

    makanya mending tidur aja jangan dijawab mulu tu cewe arab wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih soalny lg kepepet kwkwkw

      Ga enak ga dijawab hahah

      Hapus